Sukses

Lama di Luar Negeri, dari Mana Biaya Hidup Rizieq Shihab?

Lebih dari tiga bulan, Rizieq Shihab berada di luar negeri. Dari manakah biaya hidup Rizieq?

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari tiga bulan, Rizieq Shihab berada di luar negeri. Dia kini berada di Arab Saudi setelah sempat pergi ke Malaysia dengan alasan menyelesaikan studinya. Tempat tinggal sementara Rizieq pun bukan sembarang, yaitu sebuah hotel mewah.

Lalu, dari mana asal biaya hidup pemimpin Front Pembela Islam (FPI) ini selama berada di luar negeri?

Catatan Liputan6.com, Rizieq Shihab meninggalkan Tanah Air sejak akhir April 2017. Dia mengaku umrah bersama anak dan istrinya. Dia pergi beberapa saat setelah ada panggilan pertama dari penyidik Polda Metro Jaya terkait kasus chat seks.

Ketika polisi melacak keberadaannya, Rizieq bertolak ke Malaysia dengan alasan menyelesaikan pendidikan. Namun, tak lama kemudian, dia kembali ke Tanah Suci.

Pengacara Rizieq Shihab, Kapitra Ampera, mengungkap asal dana kliennya selama di luar negeri.

"Dana pribadi," ujar Kapitra kepada Liputan6.com, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Apakah Rizieq memiliki donatur untuk biaya hidupnya selama di sana? Soal ini, dia tidak mau menanggapi.

Meski sudah lama di luar negeri, Rizieq Shihab belum akan pulang. Kepulangannya masih menjadi misteri. Belakangan Rizieq memang dikabarkan bakal pulang dari Arab Saudi pada pertengahan Agustus 2017, tapi rencana tersebut batal.

Ketua Bantuan Hukum FPI sekaligus pengacara Rizieq Shihab, Sugito Atmo Pawiro, mengatakan peluang kliennya pulang ke Tanah Air pada pertengahan Agustus mengecil. Apalagi Agustus tahun ini bertepatan dengan musim ibadah haji.

"Dulu ada rencana (pulang). Tapi karena ada persiapan ibadah haji, kemungkinan (pulang) kecil," ujar Sugito, Jakarta, Jumat, 4 Agustus 2017.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.