Sukses

Ganja Segera Dilegalkan di California?

Isu legalisasi penanaman dan kepemilikan ganja di California bagi warganya yang berumur di atas 21 tahun kini meruyak.

Liputan6.com, California: Isu legalisasi penanaman dan kepemilikan ganja di California bagi warganya yang berumur di atas 21 tahun kini meruyak.

Seperti dikutip dari Medindia, Senin (1/11), Isu tersebut akan tercantum pada preposisi 19 (semacam peraturan daerah) yang memuat peraturan legalisasi kepemilikan ganja. Dalam peraturan tersebut batas maksimal untuk kepemilikan ganja adalah 28 gram dan 2,32 meter untuk batas maksimal tanaman ganja yang dapat dimiliki seorang warga negara yang berumur di atas 21 tahun.

Isu ini sangat didukung seorang pebisnis yang juga aktivis politik, George Soros. Menurut Soros, legalisasi kepemilikan ganja akan menambah pendapatan negara dengan diberlakukannya pajak. Bahkan untuk menunjukkan keseriusannya, George rela menggelontorkan jutaan dolar demi mengadakan kampanye untuk mengajak warga California ikut mendukung legalisasi kepemilikan ganja.

"Regulasi dan pengenaan pajak pada ganja akan menghemat uang pajak miliaran dolar yang biasanya digunakan untuk ongkos penegakan hukum dan penahanan. Selain itu, akan menambah sumber pendapatan daerah bagi California," kata filantrop ini.

Walaupun masih menjadi perdebatan, Preposisi 19 yang memuat isu legalisasi ganja akan segera mendapatkan keputusan akhir pada Selasa (2/11) waktu setempat. (Medindia/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.