Sukses

Demokrat: Berkoalisi dengan Gerindra Lampaui Syarat Usung Capres

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto menyambut baik rencana pertemuan antara SBY dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto menyambut baik rencana pertemuan antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Dia menganggap wajar pertemuan tersebut terjadi. Termasuk, bila nantinya disepakati koalisi antara Demokrat dengan Gerindra.

"Itu juga kalau seandainya berkoalisi, itu sah-sah saja," kata Agus di gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Menurut dia, kemungkinan semacam itu bisa saja terjadi. Sebab, saat ini, telah muncul aturan baru tentang presidential threshold (PT) 20 persen kursi untuk parpol yang akan mengajukan calon presiden.

Bila dihitung-hitung, kata dia, Demokrat dan Gerindra bisa melampaui ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold 20 persen tersebut.

"Kalau kita hitung antara partai Gerindra dan Partai Demokrat sudah lebih dari 20 persen. Dan sesuatu hal yang sah-sah saja, dan tentunya hal-hal yang terbaik tentunya kita serahkan ke Beliau berdua," ucap Agus.

 

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.