Sukses

Melihat Kecanggihan Drone Hasil Karya Anak Bangsa

Total, ada 11 pesawat tanpa awak yang dimiiliki Kementerian Pertahanan RI.

Liputan6.com, Bogor - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyaksikan uji coba drone atau pesawat terbang tanpa awak (PPTA) di Lapangan Terbang Rumpin, Rumpin, Kabupaten Bogor. Pesawat bernama Rajawali 720 itu merupakan hasil kerja sama antara hasil litbang Kemhan dan industri pertahanan dalam negeri.

Pesawat ini dirancang untuk memperkuat sistem pertahanan, termasuk ke dalam kategori Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau disebut Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) dan merupakan PPTA bersayap tetap (fixed wing).

Drone tersebut dapat terbang lebih dari 24 jam dengan radius jelajah hingga 1.000 km. Burung besi Rajawali 720 ini dirancang dengan misi utama sebagai pesawat pengintai, dan dilengkapi kamera yang menghasilkan gambar maupun video.

Pesawat berwarna abu-abu ini memiliki ketinggian terbang hingga 8.000 meter dan kecepatan mencapai 135km/jam. Selain Rajawali 720, Balitbang Kemenhan menguji coba empat pesawat tanpa awak lainnya, di antaranya Puna alap-alap, Wulung, Elang Laut, dan Mission System.

"Totalnya yang dimiliki ada 11 pesawat tanpa awak," kata Kapuskom Publik Kemhan Totok Sugiharto, Kamis (27/7/2017).

Dalam uji coba drone tersebut, hadir pula pejabat Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) dan pimpinan perusahaan PT Dirgantara Nusantara.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.