Sukses

Polisi Tangkap Pencuri Bus Transjakarta di Pekalongan

Sempat terjadi aksi saling kejar dengan polisi, pelaku akhirnya dibekuk polisi di Sipait jalur Pantura Pekalongan.

Liputan6.com, Pekalongan - Polres Pekalongan membekuk pencuri bus Transjakarta milik PT Mayasari Bhakti, Rabu 26 Juli 2017 malam sekitar pukul 19.00 WIB, bersama barang bukti berupa satu unit bus Transjakarta berwarna biru bernopol  B 7540 TGC. Pelaku diketahui bernama Sentot Setiadi yang tak lain karyawan PT Mayasari Bhakti.

Sempat terjadi aksi saling kejar dengan polisi, pelaku akhirnya dibekuk polisi di Sipait jalur Pantura Pekalongan.

Informasi yang diterima Liputan6.com, pencurian terjadi pada Selasa 25 Juli di garasi bus Transjakarta di Cijantung, Jakarta Timur.

Saat beraksi, pelaku berhasil mengelabui satpam atau penjaga keamanan garasi bus Trans Jakarta di Cijantung.

Saat ditanya oleh satpam sebelum keluar dari garasi, pelaku berdalih akan menjemput anak sekolah. Namun, surat jalannya akan diberikan menyusul.

Padahal, pelaku biasanya mengambil bus Transjakarta di garasi Klender, Jakarta Timur.

Kasatreskrim Polres Pekalongan AKP Agung Ariyanto membenarkan penangkapan pencuri satu unit bus Transjakarta di jalur Pantura Pekalongan.

"Kami sudah amankan seorang pelaku pencurian bus Transjakarta itu. Saat ini pelaku beserta barang bukti sedang dalam perjalanan menuju Polres Pekalongan," ucap Agung Ariyanto, Rabu 26 Juli 2017.

Ia menambahkan, sebelum tertangkap dan berhasil diamankan. Pelaku mengemudikan bus Transjakarta seorang diri tanpa ditemani oleh kernet dari Barat ke Timur (Jakarta-Semarang).

Tak Bayar Isi BBM

Saat melintas di jalur Pantura Pekalongan, bahan bakar bus Transjakarta yang dibawa kabur hampir habis. Pelaku pun kemudian masuk ke sebuah SPBU untuk mengisi bahan bakar.

Setelah bahan bakar terisi penuh, bukannya membayar dengan uang tunai atau uang elektronik, pelaku langsung tancap gas dan kabur ke arah barat.

Petugas SPBU yang saat itu sedang berjaga, lari mengejar bus. Karena tak terkejar, akhirnya petugas SPBU melapor ke Pos Polisi Sipait Pekalongan.

Mengetahui laporan itu, Polisi pun langsung mengejar bus Transjakarta. Aksi saling kejar bak film Hollywood, karena pelaku menambah laju kecepatan bus setelah mengetahui sedang dikejar polisi.

Dengan sigap polisi pun langsung memotong laju dan memberhentikan bus tersebut. Hingga akhirnya pelaku diamankan dan digelandang ke Mapolres Pekalongan.

"Pelaku mengakui telah mencuri bus tersebut," kata Agung Ariyanto.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.