Sukses

Petalclouds, Besi Tergantung yang Bisa Menari di Bandara Changi

Besi-besi ini bisa menari dengan indah di atap setinggi 23 meter berkat bantuan tali yang terikat di setiap elemen kelopak.

Liputan6.com, Singapura - Kelopak bunga Anggrek menjadi desain dasar Terminal 4 (T4) Bandara Changi Singapura. Termasuk berbagai fitur hiburan yang disajikan di sana. Salah satu yang menarik perhatian adalah pertunjukan besi menari di atas atap T4 Changi.

Pertunjukan ini diberi nama Petalclouds, yang merupakan deretan besi metal berbentuk kelopak bunga Anggrek yang digantung di atap Central Galleria.

Sedikitnya ada 6 Petalclouds yang menari-nari di atas T4 Changi. Setiap Petalclouds terdiri atas 16 elemen kelopak berbalut warna emas yang elegan.

Tarian yang mereka tunjukkan tidak sembarang. Petalclouds menari sesuai dengan lagu yang dimainkan. Ada 3 bentuk akhir yang dibuat sekumpulan besi ini ketika menari. Bentuk cirkular atau bulat, waves atau ombak, dan bentuk menyerupai huruf X.

Besi-besi ini bisa menari dengan indah di atap setinggi 23 meter berkat bantuan tali yang terikat di setiap elemen kelopak. Besi ini terhubung dengan 192 motor yang mengendalikan pergerakan setiap kelopak sehingga menyajikan tarian yang eksotis.

Penumpang bisa menikmati tarian ini sejak memasuki area kedatangan. Tapi, bila ingin lebih nyaman menikmaitnya, bisa dilakukan di area tunggu penumpang.

Di area tunggu penumpang terdapat banyak kursi dengan bentuk unik yang bisa diduduki. Kursi warna-warni ini tersebar di seluruh area ruang tunggu penumpang.

Untuk bisa menikmati tarian Petalclouds lengkap dengan musiknya, penumpang bisa memilih tempat duduk dekat dengan kaca. Di sana juga terdapat pertunjukan tentang Petalclouds lengkap dengan 4 pengeras suara yang mengeluarkan bunyi musik yang sedang dimainkan.

"Dua kursi ini beberapa waktu lalu diduduki oleh Perdana Menteri Singapura. Dia juga menikmati pertunjukan ini," kata General Manager T4 Programme Management Office Noe Su Yin di T4 Bandara Changi, Singapura, Selasa 25 Juli 2017.

Petalclouds akan terus mengalami perkembangan dan perubahan. Nantinya, petalclouds akan dibuat mengikuti tema yang akan disajikan. Yang paling dekat saat ini adalah Natal.

"Nanti ketika Natal, Petalclouds akan kami buat bernuansa hijau dan merah. Jadi sesuai dengan tema," ucap dia.


Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.