Sukses

Pesan dan Harapan Mensos di Hari Anak Nasional

Di Hari Anak Nasional, mensos mengajak semua pihak mengoreksi signifikan berbagai hal terkait pemenuhan hak dasar dan perlindungan anak.

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional kepada puluhan anak-anak di Kampung Berseri Astra Sejahtera Mandiri (KBA SM) yang menyambutnya di pintu masuk kampung.

"Hari ini saya sangat bahagia melihat wajah anak-anak di kampung ini berseri-seri. Selamat Hari Anak Nasional (HAN) ya, anak-anakku semua. Anak-anak harus berani punya cita-cita tinggi dan semua punya kesempatan yang sama. Ada tidak yang punya cita-cita kelak jadi menteri, direksi, TNI atau polisi?" kata Mensos di hadapan 30 anak-anak Sanggar Tari Arsa, Kelurahan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, dalam keterangan tertulisnya.

Mendengar pertanyaan Mensos, anak-anak tampak antusias menjawab sambil mengangkat tangan. Ada yang ingin menjadi dokter, guru, polisi dan pengusaha. Mensos tersenyum menyimak anak-anak bersahutan menyebutkan cita-citanya.

"Belajar yang rajin supaya kelak tercapai cita-cita dan harapanmu," kata perempuan yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini.

Mensos tiba di lokasi kampung ini pukul 10.00 WIB, dengan disambut tarian anak-anak Sanggar Arsa. Sanggar yang telah dibina sejak 2015 oleh Astra ini beranggotakan anak-anak TK hingga SD yang tinggal di RT 3 dan RT 4, RW 8 Kelurahan Keputih. Mereka tampak lincah dan gemulai membawakan tari tradisional. Mensos pun menyaksikan mereka hingga selesai menari.

"Pesan saya kepada orangtua, guru, Pak RT, Pak RW agar melindungi anak-anak di kampung ini. Bahagiakan dan jangan sakiti mereka," tutur Mensos sambil merangkul anak-anak ke dalam pelukannya.

Di Hari Anak Nasional yang jatuh tepat pada hari ini, Mensos mengajak semua pihak untuk melakukan koreksi lebih signifikan terhadap berbagai hal terkait pemenuhan hak dasar dan perlindungan anak.

"Anak-anak mestinya tidak menjadi korban perundungan (bullying), kekerasan, dan pelecehan seksual. Mari kita koreksi diri apa yang sudah kita berikan untuk anak-anak kita. Anak-anak membutuhkan perlindungan agar mereka dapat tumbuh sehat, gembira dan bahagia," papar Mensos.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.