Sukses

Jokowi Disambut Polisi Cilik dalam Peringatan Hari Anak Nasional

Pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 itu, anak-anak terlihat ceria dan berebut mengajak Jokowi swafoto.

Liputan6.com, Pekanbaru - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 di Pekanbaru, Riau. Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Mengenakan jaket dan kaus Hari Anak Nasional 2017 berwarna merah putih, Jokowi tiba di Lapangan Gedung Daerah Pauhjanggi Provinsi Riau sekitar pukul 08.00 WIB.

Seperti dilansir Antara, Minggu (23/7/2017), Jokowi dan Iriana disambut atraksi dari polisi cilik dan sejumlah permainan tradisional oleh anak-anak. Ada sekitar 3.000 anak Indonesia hadir dalam acara ini.

Sejumlah menteri Kabinet Kerja juga hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara seperti Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yambise, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

Tak ketinggalan juga Menteri Sekretariat Kabinet Pratikno, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Triawan Munaf, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman serta Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan istrinya.

Tema Hari Anak Nasional 2017 adalah Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga, dengan pesan utama "Saya Anak Indonesia, Saya Gembira."

Sesuai pesan utama acara ini, anak-anak terlihat ceria dan berebut mengajak Jokowi swafoto. Presiden dengan senang memenuhi permintaan mereka dan menyalami mereka satu per satu.

Perlunya kesadaran keluarga Indonesia untuk mengasuh anak melatarbelakangi tema tersebut. Keluarga merupakan awal mula pembentukan kematangan individu dan struktur kepribadian seorang anak.

Rencananya, dalam rangkaian acara akan ada pembacaan Suara Anak Indonesia yang diwakili oleh Forum Anak Indonesia (FAN).

Forum Anak Nasional 2017 terdiri dari 748 peserta, 525 anak yang terpilih dari kabupaten atau kota seluruh Indonesia, 68 orang pendamping atau mentor yang mewakili 34 provinsi, dan 66 anak perwira penghubung yang merupakan alumni forum ini.

Forum Anak Nasional merupakan wadah bagi anak-anak yang belum berusia 18 tahun, beranggotakan perwakilan berbagai kelompok anak atau kelompok kegiatan anak yang dibina pemerintah.

Forum ini dibentuk sebagai media untuk mendengar dan memenuhi aspirasi, keinginan, dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan. Forum Anak Nasional 2017 akan diselenggarakan mulai 19-22 Juli 2017.

Selain itu, ada juga penghargaan Kabupaten atau Kota Layak Anak (KLA) diberikan kepada 126 pemerintah daerah kabupaten dan kota, yang memiliki komitmen kuat membangun wilayahnya menjadi wilayah ramah anak.

Peringatan Hari Anak Nasional dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia, agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

Tujuannya, mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak. Sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta Tanah Air.

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) telah diselenggarakan sejak 1986, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984.


Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.