Sukses

Jurus KPK Berantas Korupsi Selain Operasi Tangkap Tangan

Sudah bukan rahasia, operasi tangkap tangan merupakan salah satu keunggulan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memberantas korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bukan rahasia, operasi tangkap tangan merupakan salah satu keunggulan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memberantas korupsi. Namun, KPK juga punya jurus lain dalam pemberantasan korupsi.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengungkapkan jurus itu adalah pencegahan. KPK biasanya terlebih dahulu memperingatkan instansi yang diduga rawan korupsi.

Oleh karena itu, dia menampik tudingan KPK hanya melakukan penindakan tanpa pencegahan.

"Pertama saya mau jelaskan, contohnya ada satu kasus di satu kementerian kita lakukan OTT, di depan OTT itu hampir selalu banyak sekali kita itu sudah masuk sebenarnya," ujar Saut di Gedung KPK, Kuningan, Persada, Jakarta Selatan, Jumat 21 Juli 2017.

Saut mencontohkan, OTT yang dilakukan terhadap pejabat Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sebelum melakukan OTT, lanjut dia, KPK telah memperingatkan Kemendes PDTT untuk tak melakukan suap terkait penerbitan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

"Kementerian yang terakhir (OTT) kemarin itu, kita sudah masuk sebenarnya, bahkan kita sudah memasukan agen perubahan, tapi nyatanya enggak berubah-berubahkan," kata Saut di KPK.

 

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi