Sukses

Piano Bung Karno Iringi Jokowi Hadiri Kongres Pancasila

Jokowi merupakan Presiden pertama RI yang hadir pada Kongres Pancasila.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kongres Pancasila digelar untuk yang kesembilan kalinya. Kongres Pancasila kali ini dilaksanakan di Universitas Gadjah Mada. Joko Widodo atau Jokowi merupakan Presiden pertama RI yang hadir pada Kongres Pancasila.

Penyelenggaraan Kongres Pancasila juga dimeriahkan Aubade Pancasila. Aubade atau paduan suara ini diisi oleh siswa SD hingga mahasiswa dari berbagai daerah di Yogyakarta.

Beberapa lagu nasional bernada persatuan dan Pancasila dibawakan. Yang menarik, piano pengiring aubade merupakan hadiah Presiden Sukarno.

"Ini adalah piano hadiah dari Presiden Sukarno yang masih terawat baik sampai saat ini," kata Dirijen Aubade Pancasila, Yogyakarta, Sabtu (22/7/2017).

Piano cokelat itu tampak sederhana. Meski tuts piano terlihat sudah menguning, tapi suara yang dihasilkan masih merdu.

Terlihat stiker bertuliskan "Pemberian Bung Karno KPD PS B.D. 1965". Logo Garuda Pancasila mendampingi tulisan itu. Stiker itu ditempel pada penutup tuts piano.

Jokowi datang bersama dengan Ibu Negara Iriana. Lagu "Mata Air" yang dipopulerkan oleh CJR dan lagu "Bangun Pemudi Pemuda" menyambut kedatangan Jokowi.

Piano Bung Karno juga digunakan untuk mengiringi lagu "Indonesia Raya". Lagu ini menandai dimulainya Kongres Pancasila IX.

"Kampus UGM menjadi bagian penting dari perjuangan kemerdekaan Negara kita Indonesia. Dan yang lebih penting dari itu kita berkumpul di sini ada komitmen yang sama untuk semangat yang sama yaitu semangat untuk memperkuat Pancasila sebagai jiwa bangsa, kita memperkuat Pancasila sebagai jiwa raga kita, dan memperkuat Pancasila sebagai cara hidup berbangsa dan bernegara," ujar Jokowi.

 

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.