Sukses

Reaksi Jokowi Tanggapi Kasus Pencatutan Namanya untuk Tipu BUMN

Polda Metro Jaya membekuk tiga penipu yang mencatut nama Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Negara Asing (WNA) menipu 51 perusahaan termasuk BUMN untuk meminta sejumlah uang. Aksinya itu cukup meyakinkan karena mencatut nama Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Saat ditanya soal itu, Jokowi irit bicara. Dia menyerahkan kasus pencatutan namanya kepada kepolisian. "Ya itu urusannya kepolisian," singkat Jokowi usai penutupan Rakernas PPP di Ancol, Jakarta, Jumat (21/7/2017).

Sebelumnya, Unit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membekuk tiga penipu yang mencatut nama Jokowi. Dua pelaku di antaranya merupakan warga negara asing (WNA).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pelaku menyasar 51 perusahaan dan BUMN. Mereka mengirimkan surat melalui jasa pengiriman kepada 51 instansi tersebut.

"Dalam surat dicantumkan WA (Whatsapp), nomer telepon, dan email. Emailnya jokowiiriana@gmail.com di WA ada foto Pak Jokowi," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (19/7/2017).

Surat yang dikirimkan cukup meyakinkan karena diformat dengan mengatasnamakan Istana Negara. Terdapat lambang burung Garuda serta dibubuhi tandatangan seolah-olah dari Presiden Jokowi.

Penangkapan bermula dari laporan Komisaris Utama PT Pembangunan Perumahan yang curiga mendapat surat tersebut. Untuk memastikan kebenarannya, korban melakukan kroscek kepada rekannya yang bekerja di Istana Negara.

"Ternyata dari pihak Setneg (Sekretariat Negara), dari Kepresidenan menyampaikan tidak pernah membuat surat seperti itu," ucap Argo.

 

Saksikan video Menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi