Sukses

Wiranto Ajak Warga Tangkal Teroris Lone Wolf dengan Siskamling

Siskamling yang muncul dari masyarakat, kata Wiranto, akan ditindaklanjuti polisi dan TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Maraknya aksi teror yang dilakukan seorang diri atau lone wolf, menurut Menteri Kordinator Politik Hukum Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, dapat diatasi dengan sistem keamanan lingkungan alias siskamling. Menurutnya, siskamling yang ada di masing-masing lingkungan perumahan dapat mengetahui gerak-gerik mencurigakan warganya.

"Tentunya masyarakat itu sendiri yang paling duluan tahu perilaku orang yang diduga teroris. Terorisme (lone wolf) itu kan gerakannya tersembunyi. Gerakannya itu diam, perilaku para teroris itu khusus tidak seperti rakyat biasa, karena itu saya selalu mengatakan menggalakkan kembali siskamling," kata Wiranto usai halalbihalal di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (4/7/2017).

Siskamling yang muncul dari masyarakat, ucap Wiranto, akan ditindaklanjuti polisi dan TNI. "Dari situ diorganisir oleh masyarakat nanti punya link dengan aparat keamanan apakah kepolisian apakah TNI di daerah untuk kemudian bersama mengawasi lingkungannya dari perilaku masyarakat yang tidak wajar," jelas Wiranto.

Karena itu, Wiranto dalam setiap rapat selalu menekankan agar instansi pemerintah terus bersinergi dengan masyarakat yang merupakan agen untuk mengetahui tiap sudut wilayah di Indonesia.

"Kita (Indonesia) kan luas sekali, masyarakat sendiri merupakan agen untuk mengamati perilaku mereka para terorisme yang bergerak sendiri ini. Oleh karena itu pada rapat kemarin saya tekan betul kepada Kapolri, Mendagri, BIN untuk penguatan terhadap (melawan) aksi-aksi terorisme," tandas dia.

 

 

 

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.