Sukses

Puncak Arus Balik, Jalur Jabar Selatan Malah Lancar

Hingga kini rute arus balik yang mengarah ke Bandung via Garut kota begitu pun Malangbong hingga Nagreg terbilang lancar.

Liputan6.com, Garut - Prediksi macet parah kendaraan arus balik yang melewati rute jalur Jawa Barat (Jabar) selatan malam ini tidak terbukti. Hal itu terlihat dari kondisi lalu lintas di daerah langganan macet itu, terbilang lancar.

Salah satu petugas jaga Pos Gatur Bunderan Suci kota Garut, Jawa Barat, Aiptu Dani Charistian mengatakan, hingga kini rute arus balik yang mengarah ke Bandung via Garut kota begitu pun Malangbong hingga Nagreg terbilang lancar.

"Mungkin puncaknya yang hari Kamis-Jumat kemarin, selepas itu pergerakan kendaraan terbilang lancar," ujar dia saat ditemui, Sabtu (1/7/2017) malam.

Dugaan adanya limpahan kendaraan yang berasal dari Jawa Tengah akibat macetnya jalur pantura, belum menunjukan peningkatan volume kendaraan berarti hingga malam ini.

"Enggak terbukti (prediksi macet total), malah mulai jam tujuh (19.00) barusan kendaraan boleh dibilang lancar tanpa hambatan, padahal biasanya mulai padat," ungkap dia.

Selain lancarnya pemudik tujuan Bandung via Garut Kota, jalur utama mudik nasional yang berada di daerah Malangbong, Limbangan hingga Nagreg pun terbilang lancar.

"Memang volumenya lebih banyak dibanding via Garut kota, tapi kendaraan masih jalan tidak sampai berhenti (macet total)," kata dia.

Dani menilai, meskipun ancaman kemacetan panjang masih mengintai, namun banyaknya titik singgah seperti wisata kuliner, belanja oleh-oleh dan tempat wisata di Garut memberikan banyak pilihan bagi pemudik untuk rehat meninggalkan kemacetan.

"Pemudik sekarang sudah tahu, daripada macet-macet di jalan mendingan belanja kuliner dulu, belanja oleh-oleh atau bahkan wisata dulu, sekalian mendinginkan kendaraan," ujar dia.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com hingga pukul 19.00 malam ini, sejumlah rute alternatif mudik via Garut kota terbilang lancar. Jalur masuk via Cilawu, kemudian jalur selatan Garut via Maktal pun lancar.

Tidak ada sumbatan kendaraan berarti yang terjadi. Bahkan jalur nasional yang berada di kawasan Malangbong, Limbangan hingga Nagreg. Antrean volume kendaraan terbilang lancar, padahal pada Kamis dan Jumat lalu, seluruh rute arus balik yang mengarah Bandung via Garut atau Malangbong, dalam keadaan macet total.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.