Sukses

Obama Akan Singgahi Tempat-Tempat Ini Selama di Jakarta

Jajaran Polda Metro Jaya siap membantu aparat TNI dalam mengamankan kunjungan Obama ke Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta- Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama rencananya akan berkunjung ke Jakarta, pada 30 Juni-2 Juli 2017. Presiden ke-44 AS itu akan menginap di Hotel Mandarin, Jakarta Pusat.

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengatakan, Obama bersama rombongan akan tiba di Jakarta dari Yogyakarta pada Jumat, 30 Juni 2017 pukul 12.30 WIB.

"Rombongan Tara dengan menggunakan Pesawat Western Air Charter INC DBA Jet Edge Gulfstream G-V N50 JE," ujar Iriawan di Jakarta, Kamis (29/6/2017).

Dia menjelaskan, setelah beristirahat sejenak di hotel, Obama akan melanjutkan perjalanan ke Istana Bogor. Obama juga dijadwalkan akan mengunjungi Grand Garden Resto dan Cafe Kebon Raya Bogor.

Sore harinya, Obama akan kembali ke hotel dan dijadwalkan akan melanjutkan kunjungan ke Menteng, Jakarta Pusat. Namun, belum diketahui persis agenda kunjungan ini.

Iriawan mengatakan, pada hari kedua kunjungan di Jakarta, Obama akan berkunjung ke Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Kemudian dilanjutkan acara internal di Hotel Mandarin.

"Minggu, 2 Juli 2017, pukul 10.00 WIB rombongan (Obama) akan menuju Bandara Halim Perdanakusuma. Pukul 10.45 WIB (Obama) take off ke Seoul, Korea Selatan," Iriawan menandaskan.

Pengamanan

Sementara, jajaran Polda Metro Jaya siap membantu aparat TNI dalam mengamankan kunjungan Obama ke Jakarta.

"Karena ini Operasi Waskita, kami (Polda Metro Jaya) akan mem-backup TNI di ring 2 dan ring 3," kata Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigadir Jenderal Polisi Suntana, Jakarta, Kamis.

Suntana mengatakan, kepolisian telah memeriksa pada beberapa wilayah yang akan menjadi kunjungan Obama, termasuk jalur yang dilintasi.

Petugas kepolisian juga telah memeriksa hotel yang akan digunakan Obama, jalur menuju Istana Bogor Jawa Barat, dan Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

"Kami tempatkan anggota sedemikian rupa, agar kegiatannya berjalan aman dan lancar tanpa gangguan," tutur Suntana seperti dilansir Antara.

Menurut Suntana, unsur TNI menjaga pada ring satu yang melekat mengamankan Obama dengan standar pengamanan presiden.

Sementara, Polda Metro Jaya mengerahkan 900 personel guna mengamankan Obama. Jumlah tersebut akan ditambah tergantung situasi dan tingkat antusias masyarakat.

  

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.