Sukses

Menhub: Tol Fungsional Gringsing-Brebes Dibuka untuk Arus Balik

Menhub memprediksi arus balik akan mengalami puncaknya antara Jumat-Minggu mendatang.

Liputan6.com, Brebes - Tol fungsional atau darurat Gringsing-Brebes Timur akan kembali dibuka untuk arus balik, atau bagi para pemudik yang akan kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, tol sepanjang 105 kilometer tersebut akan dibuka Kamis 29 Juni 2017 pukul 06.00 WIB.

"Dengan akan difungsikannya kembali jalan tol darurat ini, kami berharap kepada BPJT dan instansi terkait untuk membentuk tim penyisir sepanjang ruas tol tersebut," ucap Budi saat berkunjung di Pos Terpadu Exit Tol Brebes Timur (Brexit), Rabu 28 Juni 2017.

Menhub yang didampingi Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto itu mengatakan, prediksi arus balik akan mengalami puncaknya antara Jumat-Minggu mendatang.

Sebab, menurut Budi, masa cuti Lebaran sudah berakhir dan sebagian PNS akan memulai beraktivitas pada Senin mendatang.

Budi mengimbau pihak terkait agar tetap menyiapkan tenaga kesehatan maupun persediaan BBM Pertamina, seperti pada saat arus mudik.

"Pengoperasionalan jalan tol darurat ini disarankan digunakan pada siang hari saja. Namun jika kondisi darurat," kata dia.

Namun, kata Budi, jika jalur arteri Pantura terjadi kepadatan pada malam hari, jalan darurat Brebes - Gringsing bisa dilalui pemudik saat arus balik.

"Jika terjadi kepadatan di Pantura maka (tol fungsional) akan dioperasionalkan pada malam hari juga," Budi Karya menegaskan.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.