Sukses

Menelusuri Jejak Obama Kecil di Yogyakarta

Saat liburan sekolah, Obama kerap datang ke Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama rencananya akan mengunjungi Yogyakarta usai berlibur di Bali. Barry, panggilan Barack Obama waktu kecil, sering berkunjung ke Yogyakarta saat libur panjang menggunakan kereta api dari Jakarta.

Barry biasa berkunjung ke rumah paman tirinya Prof Dr Iman Sutiknjo, Dekan Fisipol UGM di Bulaksumur, Blok D7, Caturtunggal, Depok, Sleman. Istri Dr Iman Sutiknjo merupakan kakak dari Dr Soetoro yang tidak lain adalah ayah tiri Barack Obama.

"Ketika Obama kecil tahun 1967-1971, itu sekolahnya kan di Menteng, Jakarta, dan kalau libur panjang selalu menghabiskan liburannya di Bulaksumur Blok D7 karena ibu dari Dr Soetoro atau Neneknya Obama tinggal di rumah Blok D7," ujar salah satu pendiri sekaligus pengelola Museum UGM, Widodo, Selasa 27 Juni 2017.

Widodo menceritakan, Ann Dunham, ibu Obama, saat itu menjadi staf peneliti di Pusat Studi Kependudukan UGM yang dipimpin oleh Masri Singarimbun. Biasanya Obama datang ke Yogyakarta saat libur sekolah.

Obama menginap di salah satu ruangan di rumah ini. Kemudian ruangan yang diberi nama ruangan Barry ini kemudian diabadikan menjadi salah satu museum. Rumah dan bangunan hingga saat ini masih dipertahankan seperti aslinya dan menjadi museum UGM.

 

Tempat tidur yang sering dipakai Barack Obama saat berkunjung ke Yogyakarta 9Liputan6.com/Yanuar H)

"Obama biasanya menginap di kamar kerja Imam Sutiknjo. Saat Obama ke Yogyakarta, ruang kerja yang dipenuhi buku-buku itu diubah menjadi kamar tidur Obama bersama ayah tiri dan ibunya. Semuanya masih seperti aslinya. Termasuk letak meja dan kursi kerja Imam Sutiknjo yang kamar kerjanya dijadikan tempat menginap Obama semasa liburan," papar Widodo.

Widodo menambahkan, Museum UGM ini menyimpan beberapa benda Barack Obama semasa kecil, seperti tempat tidur, koper, dan kursi yang biasa digunakan Obama. Tempat tidur yang digunakan waktu itu juga masih asli. Tempat tidur itu dulunya biasa digunakan Obama tidur bersama ayah tirinya Dr Soetoro dan ibu kandungnya Dr Ann Dunham.

"Tempat tidurnya ada dua. Tetapi yang satu masih berada di Semarang dan belum diambil. Tempat tidur itu dulunya menghadap ke arah barat," ucap Widodo.

Widodo menjelaskan selain tempat tidur, ada sebuah kursi berwarna putih yang biasa digunakan Obama kecil duduk. Kursi itu dulunya berada di beranda rumah, tapi saat ini diletakkan di dalam ruang tamu. Lalu masih ada koper milik Obama. Saat datang ke rumah ini Obama punya kebiasaan menaruh koper di sebelah selatan kamar.

"Sebenarnya ada juga mainan Obama waktu kecil. Bentuknya kotak-kotak dan terbuat dari kayu. Sayangnya mainan itu sekarang rusak," jelas Widodo.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.