Sukses

Yogyakarta Bersiap Sambut Kedatangan Barack Obama Besok

Pengamanan untuk Barack Obama dengan dua sistem, yakni terbuka dan tertutup, termasuk penggunaan VVIP Lanud Adisutjipto.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama akan berada di Yogyakarta pada 28-30 Juni 2017. Rombongan Barack Obama direncanakan tiba di Bandara Adisutjipto Rabu, 28 Juni besok. Namun, belum ada kepastian waktu pendaratan.

"Pengamanan normatif, pengamanan VVIP, dari Lanud Adisutjipto dan TNI serta Polri," ujar Mayor Sus Giyanto, Kapentak Lanud Adisutjipto, Selasa (27/6/2017).

Ia mengatakan, pengamanan untuk Barack Obama dengan dua sistem, yakni terbuka dan tertutup sesuai perintah pusat, termasuk penggunaan VVIP Lanud Adisutjipto.

Rencananya, selama di Yogyakarta Barack Obama akan mengunjungi Candi Borobudur, Prambanan, Tebing Breksi, dan Keraton Yogya.

Namun soal kunjungan ke keraton, Tepas Keprajuritan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kanjeng Raden Tumenggung Kusumonegoro mengungkapkan, Obama batal mengunjungi keraton.

"Kunjungan Obama ke keraton resmi dibatalkan. Pihak Obama sudah mengirimkan surat ke Ngarso Dalem (Sultan, red.) bahwa kunjungannya ke Keraton Yogyakarta batal," ujar Kusumonegoro yang mengaku memperoleh informasi langsung dari sekretaris keraton di Yogyakarta pada Sabtu, 24 Juni 2017.

Menurut dia, pembatalan itu disampaikan pihak Barack Obama pada Sabtu, 24 Juni siang. Ia mengaku belum mengetahui alasan pembatalan itu.

 

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.