Sukses

248 Bus di Terminal Kampung Rambutan Tak Lulus Ramp Check

Emiral memastikan, sampai saat ini belum ada bus yang dinyatakan tidak layak jalan atau sampai ditilang dan dikandangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemeriksaan terhadap bus atau ramp check terus dilakukan terhadap semua bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Tertatat sudah 248 bus tidak lulus ramp check selama masa mudik Lebaran 2017.

"Sudah ada 248 bus yang tidak lulus. Lalu yang lulus ada 115 bus sejak masa mudik lebaran," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral August di lokasi, Sabtu (24/6/2017).

Ia mengatakan, kendaraan tidak lulus ramp check bukan berarti tidak layak jalan. Bus yang tidak memiliki segitiga pengaman, alat pemecah kaca, dan perlengkapan kecil lainnya sudah dinyatakan tidak lulus, sehingga perusahaan otobus masih bisa mengoperasikan bus sambil melengkapi persyaratan.

"Kalau sudah menyangkut yang berat, KIR-nya mati, remnya tidak baik, bannya vulkanisir itu sama sekali tidak boleh. Kandangin langsung," ujar dia.

Perusahaan otobus yang sudah melengkapi perlengkapan bisa menjalani ramp check kembali. Ketika sudah lengkap, barulah bisa mendapat stiker biru.

Emiral memastikan, sampai saat ini belum ada bus yang dinyatakan tidak layak jalan atau sampai ditilang dan dikandangkan. Sejauh ini semua kendaraan dinyatakan layak jalan.

"Sebelum masuk sini (Terminal Kampung Rambutan) ada pengecekan kendaraan di kedatangan. Dicek semua surat-surat kendaraan. Kalau KIR-nya mati pasti tidak layak jalan. Mereka (PO) sudah mempersiapkan kendaraan karena kita sudah sosialisasi," pungkas dia.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.