Sukses

Cerita Haru Sopir Bus kepada Anies Baswedan Saat Tinjau Mudik

Usai melakukan tinjauan suasana mudik di Terminal Kampung Rambutan, Anies langsung melanjutkan kegiatannya menuju Pasar Tanah Abang.

Liputan6.com, Jakarta - Selama dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri ternyata dimanfaatkan Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk memantau suasana mudik di stasiun dan terminal yang ada di Jakarta.

Setelah kemarin (Jumat, 23/6/2017) melakukan tinjauan ke Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, hari ini Anies melakukan tinjauan suasana mudik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, (Sabtu, 24/6/2017).

Anies tiba di Terminal Kampung Rambutan sekitar pukul 10.00 WIB. Ia didampingi Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Andri Yansyah, melakukan pantauan suasana mudik di terminal tersebut. Para pemudik yang melihat kedatangan Anies langsung meminta bersalaman dengannya.

Tak hanya itu, Anies juga menyempatkan mengunjungi posko pantauan mudik dan posko kesehatan yang ada di terminal Kampung Rambutan.

Pantauan Anies berlanjut ke lokasi parkir bus-bus antar kota antar provinsi. Beberapa bus diantaranya terlihat siap untuk berangkat. Anies masuk ke dalam salah satu bus yaitu bus Sugih Jaya jurusan Kampung Rambutan-Sukabumi (Jawa Barat). Di dalam bus Anies kembali menyapa para pemudik.

Tidak hanya bus Sugih Jaya jurusan Sukabumi, Anies juga menyapa pemudik di dalam sebuah bus jurusan Kampung Rambutan-Merak.

Kegiatan meninjau suasana mudik di terminal Kampung Rambutan ini rupanya Anies lakukan pula dengan tujuan sebagai observasi agar nanti saat ia sudah resmi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, pelayanan transportasi di terminal-terminal umum di Jakarta, termasuk terminal Kampung Rambutan bisa lebih baik.

"Jadi hari ini ke Terminal Kampung Rambutan, melihat dari dekat proses mudik saudara-saudara kita yang menggunakan kendaraan bus. Tadi sudah dijelaskan oleh Pak Kadishub, Pak Andri, bahwa puncaknya itu kemarin sampai 17.465 orang," kata Anies di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, (Sabtu, 24/6/2017).

"Nah kita ingin memastikan saja bagi saya ini untuk observasi supaya kita bisa melayani lebih baik di hari-hari ke depan," dia menambahkan.

Usai melakukan pantauan suasana mudik, Anies menyampaikan apresiasinya kepada orang-orang yang membantu proses pelaksanaan mudik, termasuk ke para supir bus.

"Saya ingin sampaikan terima kasih dan apresiasi bukan hanya kepada mereka yang bertugas tetapi keluarganya yang mengikhlaskan untuk mereka bertugas. Termasuk para supir," ujar Anies.

Anies mengatakan, saat memantau tadi dia sempat bertemu dengan salah satu supir bus dari Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Supir tersebut, ujar Anies, sempat bercerita kalau tidak merasakan mudik lebaran seperti kebanyakan orang-orang.

"Tadi saya ketemu supir dari Singaparna. Sudah lebih dari 30 tahun dia menjadi pengemudi. Dia akan menuju Tasik tapi setelah sampai Tasik, istirahat sebentar dia akan kembali ke Jakarta. Saya tanya apa enggak lebaran sama keluarga? Katanya, 'Justru tugas saya membuat orang pada bisa lebaran bersama keluarga'," kata Anies.

Usai melakukan tinjauan suasana mudik di Terminal Kampung Rambutan, Anies langsung melanjutkan kegiatannya menuju Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.