Sukses

Polri Pastikan Tak Ada Kemacetan Panjang di Tol Brexit

Pada Kamis malam, 195 ribu kendaraan di Brexit dan lancar. Pada Lebaran tahun lalu di hari yang sama, pemudik mencapai 171 ribu kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Polri memprediksi adanya peningkatan kuantitas atau jumlah kendaraan yang mudik Lebaran 2017. Kenaikan bahkan lebih dari 106 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Kalau dihitung keseluruhan dari hari Selasa, Rabu, sampai tadi malam (H-6 sampai dengan H-2), puncak terjadi Kamis malam. Kuantitas kenaikan 106 persen dibanding tahun lalu," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (24/6/2017).

Meski ada peningkatan jumlah kendaraan, namun kata Setyo, berdasarkan pemantauan di lapangan tidak ditemukan kemacetan horor seperti pada mudik Lebaran tahun lalu.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan arus lalu lintas mencair pada musim mudik kali ini.

"Tol fungsional sangat membantu dan masyarakat sudah terinformasi ada pengalihan arus. Infrastruktur sudah disiapkan, jalan bagus. Tidak ada kejadian menakutkan seperti tahun lalu," ucap Setyo.

Khusus di exit tol Brebes Timur, Setyo memastikan kemacetan panjang tidak terjadi. Padahal, ada peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di exit tol tersebut.

"Kamis malam itu 195 ribu kendaraan di Brexit, dan alhamdulillah lancar. Tahun lalu di hari yang sama 171 ribu kendaraan, tapi macetnya minta ampun. Nah ini semua karena ada jalur tol fungsional, sangat membantu dan mempercepat waktu (mudik Lebaran 2017) hingga empat jam," terang Setyo.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.