Sukses

Pramuka Bantu Pemudik di Terminal Pulo Gebang

Dua remaja anggota Pramuka ini mengaku sudah bertugas sejak H-7 sebelum Lebaran di Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Liputan6.com, Jakarta - Para anggota Pramuka membantu pemudik yang kebingungan di di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur. Pemudik banyak yang bingung di mana arah keberangkatan dan kedatangan.

"Untuk itu lah kami hadir, membantu pemudik menunjukkan arah, ke mana tujuan mereka. Ada 35 anggota terjun di sini," ujar Pembina Pendamping Pramuka Peduli, Budi Santoso, di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Jumat (23/6/2017).

Dia mengatakan, penugasan Pramuka pada musim mudik, bukan kali pertama. Kegiatan ini telah dilakukan di setiap hari raya.

"Kita aktif di musim hari raya nasional, seperti mudik Lebaran, libur Natal akhir tahun. Penugasan kita juga di semua wilayah, di Jakarta Timur ada di Terminal Rambutan, Terminal Pinang Ranti juga ada," jelas Budi.

Anggota Pramuka membantu pemudik di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur (Liputan6.com/ Muhammad Radityo Priyasmoro)

Anggota Pramuka yang membantu ini berusia antara 18-21 tahun. Contohnya, Nayunka (18) dan Aditya (21). Dua remaja ini mengaku sudah bertugas sejak H-7 sebelum Lebaran di Terminal Terpadu Pulo Gebang dan membantu pemudik.

"Kegiatan ini sangat positif, mengisi waktu luang saya yang baru lulus SMA. Memupuk pengalaman juga," kata Nayunka.

"Kami di sini bertugas mencatat jam kedatangan dan keberangkatan bus. Mengarahkan mereka yang bingung mencari musala, atau lokasi lain kami bantu," timpal Aditya yang mengaku sudah ikut Pramuka sedari SD.

Rencananya, kegiatan Pramuka Peduli akan dilangsungkan hingga H-1 Lebaran, Sabtu 24 Juni 2017.

"Sementara arahan dari Kwartir Nasional baru sampai sebelum hari raya, tapi biasanya setelah hari raya kami bertugas di H+3. Namun untuk tahun ini belum ada arahan," Budi menandaskan.

 

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.