Sukses

Makam Tokoh Pejuang Papua Akan Dipindahkan

Makam tokoh pejuang hak-hak orang Papua Dortheys Hiyo Eluay rencananya akan dipindahkan ke pemakaman para pemimpin di Kampung Sereh, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Liputan6.com, Jayapura: Makam salah satu tokoh pejuang hak-hak orang Papua Dortheys Hiyo Eluay akan dipindahkan. Makam
Theys Eluay kini terletak di bekas lapangan sepakbola Sentani, di pertigaan Jalan Bandara Sentani. Rencana kepindahan ini disampaikan salah satu anak Theys Eluay, Yohanis Eluay, Senin (27/9).

Menurut Yohanis, akhir-akhir ini makam orangtuanya terus jadi pusat kegiatan kelompok-kelompok masyarakat Papua, seperti Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan Dewan adat Papua (DAP), dalam melakukan demo politik untuk perjuangan status Politik Papua. Disadari atau tidak kegiatan tersebut berdampak kepada citra maupun pembangunan di wilayah Kabupaten Jayapura.

Dijelaskan Yohanis, makam Theys Eluay akan dipindahkan ke tempat yang sudah mereka sipakan sesuai tatanan adat, yakni tempat pemakaman para pemimpin di Kampung Sereh, Sentani, Kabupaten Jayapura. "Hanya saja pihak Dewan Adat Papua masih mempertahankan agar makam tersebut jangan dipindahkan dulu sambil menunggu kesepakatan yang nanti akan mereka ambil," katanya.(IAN/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.