Sukses

Yudhoyono: Indonesia Menyesalkan Pernyataan Lee Kuan Yew

Pemerintah Indonesia menyesalkan pernyataan Menteri Senior Singapura Lee Kuan Yew. Presiden Megawati Sukarnoputri akan mengeluarkan sikap resmi.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Megawati Sukarnoputri akan mengeluarkan sikap resmi mengenai sikap pemerintah atas pernyataan Menteri Senior Singapura Lee Kuan Yew. Persoalan ini sudah dibahas dalam Rapat Kabinet, beberapa hari silam. Demikian Penegasan Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (26/02), di Jakarta [baca: Megawati Akan Menyikapi Pernyataan Lee Kuan Yew].

Menurut Yudhoyono, pemerintah sangat menyesalkan pernyataan Lee Kuan Yew yang menyatakan Indonesia sebagai sarang teroris. Sebab, pernyataan itu tak layak dikemukakan, mengingat selama ini Indonesia dan Singapura bekerja sama dalam bidang intelijen untuk menangani terorisme.

Sejak Lee Kuan Yew mengeluarkan pernyataan itu, kata Yudhoyono, pemerintah Indonesia langsung bekerja. Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda bergegas meminta penjelasan Duta Besar Singapura di Indonesia [baca: Menlu: Tudingan Singapura Tak Akurat]. Bahkan, pemerintah membuka semua jalur diplomatik agar pernyataan Lee tak merusak hubungan Indonesia-Singapura. " Pemerintah tak akan bertindak berlebihan," kata Yudhoyono.

Seperti diketahui, beberapa hari silam, Lee Kuan Yew melontarkan pernyataan Indonesia sebagai sarang teroris yang dimuat harian Straits Times. Pernyataan Lee itu terkait dengan ditemukannya sejumlah dokumen rencana peledakan beberapa instalasi penting milik Amerika Serikat di Singapura, Malaysia, dan Indonesia.(ULF/Gabby Getal dan Ary Trisna)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini