Sukses

Harga Kebutuhan Pokok Terus Merangkak Naik

Sejumlah harga komoditas bahan pokok masih merangkak naik, memasuki pekan kedua bulan Ramadan.

Liputan6SCTV, Brebes - Minggu kedua Bulan Ramadan pantauan harga bahan pokok di pasaran masih cukup tinggi. di Brebes Jawa Tengah harga daging sapi mencapai Rp 120 ribu rupiah per kilogram. Sementara di Jakarta harga sayur mayur merangkak naik.

Seperti dalam tayangan Liputan 6 Petang SCTV, seolah tradisi tiap memasuki bulan suci harga barang kebutuhan pokok di pasaran mulai merangkak naik. Di sejumlah pasar tradisional di Brebes, Jawa Tengah harga daging sapi dan daging ayam potong cukup tinggi.

Bila sebelum Ramadan, harga daging sapi kualitas super perkilogramnya berkisar Rp 90 hingga Rp 100 ribu. Kini mencapai Rp 120 ribu. Harga ayam potong juga naik sejak sepekan sebelum lebaran. Saat ini di pasar Induk Brebes harga ayam potong di kisaran Rp 34.000 perkilogram.

Sementara di Jakarta, harga daging sapi dan daging ayam relatif masih stabil. Kenaikan justru didapati pada harga sayur mayur seperti bawang merah yang naik sekitar Rp 5.000 per kilogram. Bawang putih naik cukup signifikan menjadi Rp 60.000 per kilogram. Sementara kentang, daun bawang, dan kol juga naik dari harga biasanya.

Kenaikan harga barang kebutuhan pokok di masa Ramadan ini membuat pembeli mengurangi porsi belanjaannya. Banyak dari mereka berharap harga tidak terus naik apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sementara pemerintah masih terus melakukan upaya menekan melonjaknya harga kebutuhan pokok di pasaran.