Sukses

1 Juni, Pemerintah Gelar Pekan Pancasila

Pemerintah akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengampanyekan program pekan Pancasila.

Liputan6.com, Jakarta - Setahun sudah pemerintah menjadikan 1 Juni sebagai hari libur nasional yang diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Penetapan 1 Juni sebagai hari libur nasional ini ditetapkan Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

Untuk kali pertama pelaksanaan Hari Lahir Pancasila ini, pemerintah melaksanakan berbagai kegiatan bertajuk Pekan Pancasila. Pekan Pancasila akan dimulai pada 29 Mei hingga 4 Juni 2017.

Selama diselenggarakan, pemerintah akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengampanyekan program tersebut. Kerja sama dilakukan melalui penayangan iklan layanan masyarakat di stasiun-stasiun televisi dan bioskop, program talkshow dan musik di berbagai stasiun radio, penerbitan dan pendistribusian buku, serta program lainnya.

"Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2017 dipusatkan di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jl Pejambon, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo akan menjadi Inspektur Upacara," kata Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin melalui siaran pers, Jumat 26 Mei 2017.

Pelaksanaan upacara bendera juga dilaksanakan di setiap kantor instansi pemerintah baik pusat, daerah, maupun kantor perwakilan Indonesia di luar negeri.

Pekan Pancasila ini dilaksanakan untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila.

Sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selama Pekan Pancasila berlangsung, berbagai logo dan tema acara akan diramaikan di media sosial. Masyarakat bisa berperan aktif dengan menggunakan tagar atau hastag
#PekanPancasila, #SayaPancasila, #PancasilaReborn, #KenalPancasila, #PancasilaPunyaKita, #PancasilaSatu, dan #Pancasila2017.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.