Sukses

MUI Akan Pantau Siaran Televisi Sepanjang Ramadan

Amirsyah menyatakan akan adanya kerja sama MUI dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengenai rekaman video yang akan menjadi landasan.

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan memantau siaran media masa selama  Ramadan. Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) MUI Amirsyah Tambunan berpendapat hal tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab ulama dalam menjaga akhlak bangsa.

"Nantinya pemantauan akan dilakukan pada jam-jam prime time, yakni sebelum dan sesudah sahur, serta sebelum dan sesudah berbuka puasa. Tim pemantau akan merekam program televisi yang di dalamnya ada pelanggaran atau tidak," ucap Amirsyah di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (26/5/2017).

Amirsyah menyatakan, akan adanya kerja sama MUI dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengenai rekaman video yang akan menjadi landasan pemantauan.

"Karena KPI memiliki peralatan dan sumber daya manusia (SDM) yang jauh memadai untuk memantau konten siaran televisi," ujar dia.

Warga Muhammadiyah dipastikan akan mengawali puasa Ramadan, Sabtu 27 Mei besok. Keputusan tersebut diambil berdasarkan hisab wujudul hilal yang menjadi pedoman ormas tersebut.

"Ramadan 1438 H jatuh pada Sabtu 27 Mei 2017," ujar Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, Jakarta, Selasa 14 Maret 2017.

Dia menjelaskan, posisi hilal jelang Ramadan berada pada 7 derajat. Dalam posisi itu, di seluruh wilayah Indonesia saat matahari terbenam, bulan berada di atas ufuk.

Begitu pula dengan penetapan awal Idul Fitri 1 Syawal 1438 H. Dia menegaskan, Lebaran akan jatuh pada 25 Juni 2017.

"Tanggal 1 Syawal 1438 jatuh pada Ahad, 25 Juni 2017," kata Abdul.

Menurut dia, penetapan Idul Fitri itu berdasarkan wujudul hilal yang sudah berada di atas 4 derajat. Karena itu, dia berharap Lebaran tahun ini akan berbarengan dengan keputusan pemerintah.

"Kemungkinan akan sama dengan pemerintah. Karena kan posisi hilal saat itu berada di sekitar 7 derajat. Sudah tinggi. Nah pemerintah walaupun menggunakan rukyatul hilal biasanya di atas 4 derajat itu sudah masuk rukyat (terlihat), bahkan ada pendapat kalau 2 derajat, sudah rukyat," jelas Abdul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • bulan ramadan