Sukses

Jokowi Berbagi Sensasi Susuri Trans Papua Naik Trail Lewat Vlog

Presiden Jokowi kembali mengunggah video blog atau vlog terbarunya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi kembali mengunggah video blog atau vlog terbarunya. Kali ini, Jokowi berbagi sensasi menyusuri Jalan Trans Papua menggunakan motor trail.

Video yang diunggah melalui akun YouTube Presiden Joko Widodo itu, menggambarkan sulitnya membangun dan menembus jalan di Papua. Video berjudul '#JKWVLOG MENYUSURI TRANS PAPUA DENGAN MOTOR TRAIL ini berdurasi 2 menit 48 detik.

Dalam video itu, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi menumpangi pesawat kepresidenan RJ-85 menuju Bandara Wamena. Jokowi sempat disambut anak-anak Papua lengkap dengan koteka mereka.

Mantan Gubernur DKI itu melanjutkan perjalanan dengan mobil Toyota Land Cruiser biru. Penjagaan ketat dari Paspampres membayangi sepanjang perjalanan. Warga pun memenuhi sisi kanan dan kiri jalan untuk melihat langsung Jokowi meski berada di dalam mobil.

Tiba di lokasi, Jokowi sempat berbincang dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Pemandangan alam Papua menjadi latar perbincangan keduanya.

Tibalah saatnya menyusuri Jalan Trans Papua. Motor trail Kawasaki KLX 250 hitam disiapkan untuk menemani perjalanan Jokowi.

Sebuah jaket hijau khas TNI dikenakan Jokowi. Disusul sarung tangan hitam dan helm hijau.

Mantan Wali Kota Solo itu kemudian menaiki sepeda motor bernopol RI 1 itu. Tombol untuk menyalakan mesin ditekan, sesekali Jokowi menggeber mesin motor. Setelah menarik nafas panjang Jokowi memulai perjalanan.

Jokowi ditemani Panglima TNI, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan beberapa pejabat lain.

"Kita ini berada di ruas Jalan Wamena sampai Kenyam dan Agats sepanjang 287 km. Dan Jalan Trans Papua ini menjadi sebuah gambaran komitmen pemerintah terhadap pembangunan infrastuktur," kata Jokowi dalam vlog itu.

"Betapa sangat sulit, sangat sulit medan yang ada di sini. Sangat berat. Membelah belantara, naik gunung yang sangat tinggi. Inilah medan berat yang dialami baik oleh Kementerian PU maupun oleh TNI, yang bersama sama membangun jalan di Trans Papua ini," sambung Jokowi.

Pada akhir video, ditampilkan kondisi jalan Trans Papua saat ini. Kontur jalan yang berkelok dengan alas masih berbatu dan berpasir. Hanya sebagian yang sudah diaspal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini