Sukses

Polisi Usut Dugaan Penyerangan Geng Motor di Lenteng Agung

Budi menjelaskan, pihaknya akan menyesuaikan tempat kejadian perkara dengan gambar yang ada di video dugaan penyerangan geng motor.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video penyerangan terhadap pengendara sepeda motor yang dilakukan sekelompok pemuda viral di media sosial. Aksi yang diduga dilakukan geng motor tersebut diduga terjadi di Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Budi Hermanto mengatakan, pihaknya tengah menyelidiki asal video tersebut. Pihaknya juga akan turun tangan membantu Polsek Metro Jagakarsa mengusut kasus yang meresahkan masyarakat ini.

"Terkait video yang viral itu, kita masih lidik. Kita baru mengetahui informasi video itu mulai tadi malam (23 Mei 2017)," ujar Budi di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Selasa (23/5/2017).

Budi menjelaskan, pihaknya akan menyesuaikan tempat kejadian perkara dengan gambar yang ada di video. Polisi juga akan menampung semua informasi dari masyarakat, termasuk kabar kejadian itu berlangsung sekitar dua atau tiga bulan lalu.

"Kita coba temukan dengan angle lokasi yang sama itu sekitar Jagakarsa arah jalan cabang depan SMA 38. Ini masih kita dalami," tutur dia.

Tak hanya itu, kata Budi, pihaknya juga akan mencari korban yang ada di video viral tersebut. Diharapkan, keterangan korban dapat mengungkap aksi kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat ini.

"Kami juga minta bantuan agar diinformasikan. Karena sejauh ini, Polsek Jagakarsa belum ada laporan masyarakat terkait adanya korban di video viral tersebut. Kami akan jemput bola," ucap dia.

Budi mengimbau agar masyarakat bersikap bijak dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana informasi. Polisi meminta agar masyarakat tak mudah menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya.

"Sehingga tidak membuat rasa takut di masyarakat, tidak menjadi pertanyaan masyarakat bahwa kejadian ini akan menimpa," Budi menandaskan.

Kapolsek Metro Jagakarsa Kompol Prayitno sebelumnya membantah ada aksi kejahatan dari geng motor dan menyatakan hoaks atau berita bohong. Pihaknya sudah mengecek langsung ke lokasi, tapi tidak ditemukan kejadian yang dimaksud. Dia juga memastikan lokasi yang ada di video itu bukan wilayah Lenteng Agung.

"Bukan. Coba itu sampean zoom, mobil bak terbuka itu pelatnya K. Di Lenteng itu tidak ada jalan yang seperti itu. Saya yakinkan itu hoaks. Kecuali saya enggak ngecek langsung," ujar Prayitno saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jakarta, Selasa 23 Mei 2017.

Aksi kejahatan jalanan yang dilakukan sekelompok pemuda kepada pengendara sepeda motor viral sejak Senin malam, 22 Mei 2017. Lokasi peristiwa tersebut diduga berada di Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dalam video berdurasi 1 menit 46 detik itu, tampak sekelompok remaja berdiri bergerombol di pinggir jalan sambil menunggu pengendara yang melintas. Mereka juga terlihat membawa senjata tajam.

Saat ada beberapa pengendara sepeda motor melintas, mereka langsung menyerangnya hingga tersungkur. Para pemuda itu pun meninggalkan begitu saja korbannya. Tidak terlihat dari mereka yang mengambil barang berharga milik korban. Kekerasan ini diduga sebagai syarat bagi anggota baru masuk geng motor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.