Sukses

Jokowi Minta Cerita Nusantara Disampaikan ke Anak-Anak Sejak Dini

Jokowi mendongeng di hadapan ratusan siswa di halaman tengah Istana Merdeka. Jokowi memilih cerita Lutung Kasarung.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendongeng dalam rangka Hari Buku Nasional. Jokowi menitipkan pesan agar anak-anak dapat teladan dari berbagai cerita rakyat.

Jokowi mendongeng di hadapan ratusan siswa di halaman tengah Istana Merdeka. Jokowi memilih cerita Lutung Kasarung untuk didongengkan ke siswa.

Lutung Kasarung merupakan satu dari ribuan dongeng atau kisah rakyat Nusantara yang dimiliki Indonesia. Setiap daerah punya dongeng dan cerita rakyatnya masing-masing. Kisah itu terbentuk dari agama, suku, maupun budaya yang ada di daerah tersebut.

"Budaya kita yang melahirkan cerita seperti yang saya sampaikan Lutung Kasarung, Malin Kundang, Sangkuriang, Roro Jonggrang, Raja Ampat. Inilah cerita yang selain itu masih banyak lagi, sehingga minat baca anak lebih baik lagi," kata Jokowi, Rabu (17/5/2017).

Jokowi meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyebar dan menyampaikan cerita Nusantara semacam ini kepada anak-anak, sehingga nila-nilai dari cerita dan dongeng bisa diserap dengan baik.

"Cerita Nusantara ini disebarkan, disampaikan kepada anak-anak kita sejak dini sehingga nilai moral, nilai etika, kesantunan, kejujuran, nilai keberanian, ada di anak-anak kita karena cerita-cerita yang baik tadi," ucap Presiden Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini