Sukses

Masa Pendaftaran Seleksi Masuk PTN Diperpanjang

Perpanjangan pendaftaran SBMPTN ini disebutkan untuk merawat ke-Indonesiaan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir memperpanjang pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017. Langkah ini adalah untuk merawat ke-Indonesiaan.

"Bukan penundaan, tetapi perpanjangan pendaftaran," kata dia usai menyampaikan kuliah umum di Universitas Negeri Semarang, Sabtu (6/5/2017).

Pendaftaran SBMPTN seharusnya ditutup pada 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB, tetapi panitia memperpanjangnya menjadi hingga 9 Mei 2017 pukul 16.00 WIB.

Nasir menjelaskan banyak calon mahasiswa, terutama di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal), tidak tersedia teknologi informasi yang memadai untuk mendaftar SBMPTN.

"Karenanya, diberikan waktu tambahan. Tujuannya, menjaring mereka yang punya potensi untuk bisa masuk PTN. Di daerah-daerah ini (3T), banyak yang belum terakses (internet)," kata Nasir yang dikutip dari Antara.

"Kita harus merawat Indonesia secara baik, dari Sabang sampai Merauke," imbuh dia.

Meski pendaftaran diperpanjang, tes tertulis SBMPTN tetap dilaksanakan pada 16 Mei 2017, sedangkan pada 17 Mei 2017 ujian praktik untuk program studi tertentu.

Sebelumnya, Ketua Panitia SBMPTN Ravik Karsidi mengatakan perpanjangan pendaftaran itu untuk memberi kesempatan calon mahasiswa dari daerah 3T yang memiliki keterbatasan akses internet guna mengikuti seleksi masuk PTN.

"Untuk waktu pembayaran diperpanjang hingga Senin, 8 Mei, pukul 16.00 WIB. Sementara untuk pendaftaran diperpanjang hingga Selasa 9 Mei, pukul 16.00 WIB," kata dia seraya meminta peserta SBMPTN mengecek lokasi ujian minimal sehari sebelum ujian.

Peserta yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kata dia, bisa melakukan registrasi ulang di PTN yang menerima mereka pada 16 Mei 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini