Sukses

Jokowi Pastikan Bangun Rumah Murah di Seluruh Indonesia

Jokowi yakin, masyarakat berpenghasilan rendah sekalipun bisa mewujudkan impian memiliki rumah sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan perumahan rakyat akan hadir di seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan hunian oleh pemerintah.

Misalnya saja Perumahan Vila Kencana Cikarang, Jawa Barat yang baru saja diresmikan Jokowi. Rumah ini memiliki luas tanah 60 meter dengan luas bangunan 25 meter. Fasilitas yang didapat, yakni 2 kamar tidur, satu kamar mandi, dan satu ruang tamu.

"Di Villa Kencana Cikarang sudah dibangun jadi 4.734 unit akan dibangun lagi 4.015 unit dan sudah akad 3.600 unit," kata Jokowi, Kamis (4/5/2017).

Rumah ini dibandrol dengan harga Rp 112-141 juta. Warga bisa memiliki rumah ini hanya dengan membayar uang muka 1 persen. Mereka bisa mencicil mulai Rp 750-900 ribu per bulan. Itu belum termasuk bantuan yang diberikan pemerintah.

"Rakyat harus berani pastikan mengatur keuangan sendiri dan dapat rumah karena pemerintah siapkan fasilitas itu FLPP dengan bantuan uang muka Rp 4 juta sehingga DP itu bisa terbayarkan, administrasi, biaya balik nama dan sebagainya bisa bayar," imbuh Jokowi.

Jokowi yakin, masyarakat berpenghasilan rendah sekalipun bisa mewujudkan impian memiliki rumah sendiri. Pemerintah juga terus membangun perumahan rakyat seperti ini di seluruh Indonesia.

"Ini yang ingin kami bangun di mana-mana di seluruh kota di tanah air. Karena sudah dianggarkan di APBN kita. Di Sumatera berapa, Bali, NTT, NTB berapa, Sulawesi berapa dan target tercapai seperti yang sudah kita gariskan," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini