Sukses

Berkebaya Merah, Iriana Jokowi Kunjungi Museum Nasional Filipina

Selain Ibu Iriana Jokowi, para istri pemimpin ASEAN lainnya juga hadir dalam acara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertandang ke Museum Nasional Filipina (Pambansang Museo). Iriana datang ke museum untuk menghadiri acara Spouse Program, yang merupakan rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi ke-30 ASEAN di Manila, Filipina.

Ibu Negara, yang didampingi istri Duta Besar RI untuk Filipina Sonya Riupassa, tiba pukul 11.40 waktu setempat dan disambut istri Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Ibu Cielito Avanceña, dan Direktur Jenderal Museum Nasional sekaligus kurator, Jeremy Barns.

Menggunakan kebaya merah dipadu kain batik sebagai bawahan, Ibu Iriana tampak sesekali berbincang dengan Ibu Cielito Avanceña.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (30/4/2017), Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyebutkan, para istri pemimpin ASEAN lainnya juga hadir dalam acara tersebut.

Mereka adalah istri Perdana Menteri (PM) Laos Thongloun Sisoulith, Ibu Naly Sisoulith, Istri PM Thailand Prayuth Chan-o-cha, Ibu Naraporn Chan-o-cha, dan istri PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Ibu Thu Tran Nguyen.

Istri pemimpin negara-negara ASEAN tersebut kemudian foto bersama di depan lukisan, hasil karya pelukis kenamaan Filipina Juan Luna yang berjudul "Spoliarium".

Acara kemudian berlanjut dengan menyaksikan demonstrasi kerajinan tenun di IRI Gallery, yang terletak di lantai 3 museum tersebut oleh pengrajin yang didatangkan langsung dari Cotabato Selatan, sebuah provinsi di dekat Mindanao di selatan Filipina.

Setelah meninjau pameran, Ibu Cielito Avanceña kemudian menjamu para tamunya dengan jamuan makan siang bersama di Old Senate Session, yang juga terletak di lantai 3 museum. Acara ini dilengkapi pertunjukan kesenian berupa tarian tradisional dan lagu-lagu oleh penyanyi cilik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.