Sukses

Kisah Ikan Nemo di Pleidoi Ahok

Ahok membacakan pembelaan atau pleidoi di sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama di Gedung Kementerian, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok membacakan pembelaan atau pleidoi di sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama di Gedung Kementerian, Jakarta Selatan.

Dalam pembacaan pleidoi, Ahok bercerita tentang perjuangan ikan Nemo dalam film Finding Nemo. Cerita Nemo ini disampaikan Ahok di sebuah acara yang dihadiri anak-anak.

Di film tersebut, diceritakan Nemo harus melawan arus rombongan ikan untuk menyelamatkan sahabatnya Dori dan ikan-ikan lain. Ayah Nemo pun harus merelakan Nemo melakukan itu, meski taruhannya mati.

"Setelah semuanya bebas, apakah mereka ada yang berterima kasih ke Nemo? Tidak ada," ujar Ahok, Selasa (25/4/2017).

Dari kisah Nemo itulah Ahok memetik pelajaran bahwa dalam sebuah perjuangan tidak selalu mendapat apresiasi positif. Namun, dia menegaskan hal tersebut tak mengurangi semangatnya untuk berbuat baik.

"Sekalipun melawan arus tidak apa-apa. Tidak peduli tidak ada yang terima kasih. Tuhan yang menghitung, bukan kita," ucap Ahok.

"Saya hanya Nemo di Jakarta. Hanya ikan kecil," ujar Ahok.

Ahok kembali menegaskan ia tak ada niat melakukan penistaan agama. "Tidak ada bukti juga saya menghina satu golongan," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini