Sukses

Jokowi: Majulah Kaum Perempuan untuk Kemajuan Indonesia

Jokowi sendiri mengaku bangga dengan banyaknya menteri perempuan di kabinet yang dipimpinnya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selama Hari Kartini kepada perempuan Indonesia. Hal itu diungkapkan Jokowi melalui akun Twitter miliknya @jokowi.

"Selamat Hari Kartini. Majulah kaum perempuan Indonesia untuk kemajuan Indonesia -Jkw," tweet Jokowi dalam postingan yang diunggah Jumat (21/4/2017) pagi.

Saat ini, dalam jajaran Kabinet Kerja terdapat 8 menteri perempuan. Mereka adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Kemudian, ada Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Jokowi sendiri mengaku bangga dengan banyaknya menteri perempuan di kabinet yang dipimpinnya. Hal itu diungkapkan Jokowi dalam peringatan Hari Ibu tahun lalu. Ketika itu Jokowi menceritakan pengalamannya saat berada di Rusia dalam kunjungan kerja untuk bertemu Presiden Vladimir Putin.

Waktu itu para menteri yang mendampinginya sebagian besar adalah perempuan, sementara menteri dari Rusia seluruhnya laki-laki. Presiden Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

"Dari Rusia, laki-laki, laki-laki, laki-laki, dari kita perempuan, perempuan, perempuan," ujar Jokowi yang disambut tepuk tangan hadirin di Pelataran Masjid Agung Kompleks Pemerintah Daerah Banten, Kota Serang, Banten, Kamis 22 Desember 2016.

Presiden juga menyatakan, jumlah perempuan yang jadi menteri di Indonesia terbanyak di dunia.

"Ini adalah menteri yang terbanyak, kalau dibandingkan menteri perempuan, di Indonesia adalah negara terbanyak menteri perempuan dibanding negara-negara yang lain," tegas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini