Sukses

Kerugian Akibat Kebakaran Gedung Fateta IPB Mencapai Rp 2 Miliar

Perkuliahan sebagian mahasiswa Fateta IPB di Kampus IPB Dramaga dihentikan untuk sementara.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran dua ruangan di gedung Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyebabkan aktivitas perkuliahan terganggu. Perkuliahan sebagian mahasiswa di Kampus IPB Dramaga dihentikan untuk sementara.

"Hari ini aktivitas terganggu. Insya Allah besok perkuliahan sudah kembali lancar," kata Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Kerja Sama dan Pengembangan Kampus IPB Dramaga Prof Slamet Budijanto, Rabu (29/3/2017).

Aktivitas perkuliahan dihentikan sementara karena aliran listrik ke gedung Wing C dimatikan. "Untuk hari ini yang wing C dimatikan, wing yang lain dihidupkan," ujar Slamet.

Selain aktivitas perkualiahan yang terganggu, kebakaran ini juga menyebabkan kerugian materil mencapai Rp 2 miliar.

"Ruang server dan ruang sidang Fateta mengalami kerusakan parah akibat terbakar," kata Slamet.

Dia menjelaskan, ruang server Fateta adalah ruang tempat core switch dan distribution switch untuk menghubungkan Fateta dan fakultas lainnya. Akibat insiden ini jaringan internet Fateta serta fakultas lain seperti Fakultas Pertanian, Fakultas Ekologi Manusia, dan Fakultas Ekonomi dan Manajemen terputus.

"Sekarang sedang diidentifikasi peralatan-peralatan yang dibutuhkan agar internet segera pulih kembali," kata dia.

Salah satu ruangan di Kampus Fateta IPB Bogor mengalami kebakaran, Rabu siang sekitar pukul 11.45 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun ruang server Fateta dan ruang sidang ludes terbakar.

"Sumber api berasal dari Wing C2, tepatnya di Ruang Server Fateta," kata Slamet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.