Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Tips Hadapi Equinox di Jakarta

Dalam Top 3 Berita Hari Ini, teriknya sinar matahari saat fenomena equinox terjadi pada 21 Maret 2017 membuat warga Ibu Kota khawatir.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini teratas di kanal News masih ditempati fenomena equinox yang berhasil membuat gempar warga Ibu Kota dan wilayah lain di Indonesia.

Isu yang beredar, akibat posisi matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa membuat suhu di wilayah Jakarta akan jauh lebih panas ketimbang wilayah lain, yakni di kisaran 35,6 derajat Celsius.

Lalu, bagaimana cara warga menghadapi fenomena equinox yang akan terjadi pada 21 Maret 2017 ini? Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan banyak minum air putih.

Ada pula fakta menarik tentang mobil-mobil dinas para Presiden RI Indonesia. Sukarno misalnya. Untuk menunjang mobilitasnya sebagai presiden pertama Indonesia, dia mengunakan mobil jenis sedan Buick-8.

Buick-8 bukan sembarang mobil, melainkan mobil kelas luks yang terbagus di Jakarta saat itu.

Bagaimana dengan mobil dinas Presiden Jokowi? Jokowi menggunakan mobil warisan dari SBY, yakni Mercedes Benz S600 Pullman Guard Limousine. 

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini: 

1. 3 Jurus Hadapi Fenomena Equinox Hari Ini

Ilustrasi matahari Equinox. (Foto: Istimewa)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan akibat Equinox, suhu di wilayah Jakarta akan lebih panas ketimbang wilayah lainnya di Indonesia. Fenomena equinox terjadi hari ini, Selasa (21/3/2017).

"Berdasarkan hasil pengamatan suhu maksimum di wilayah Indonesia, suhu maksimum terukur yang tertinggi saat ini terjadi di wilayah Jakarta, dengan kisaran 35,6 derajat Celsius," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S Swarinoto kepada Liputan6.com, Senin 20 Maret 2017.

"Sedangkan untuk wilayah lainnya berkisar antara 33-35 derajat Celsius," dia melanjutkan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S Swarinoto menjelaskan, fenomena equinox dapat menyebabkan distribusi cahaya matahari relatif lebih signifikan di sekitar ekuator, sehingga kondisi permukaan bumi relatif lebih panas daripada biasanya.

Selengkapnya... 

2. 5 Fakta Mobil Presiden RI dari Bung Karno Hingga Jokowi

Seorang anak berpose di belakang mobil yang digunakan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara saat blusukan ke Kedoya dan Petamburan, Jakarta, Selasa (1/9/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dalam kunjungannya ke Kalimantan Barat, mobil Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendadak mogok. Mobil Mercedes Benz S600 Pullman Guard itu diduga karena terjadi masalah pada pengaturan gas.

Istana pun memastikan kondisi mobil hasil pengadaan 2007 itu dalam kondisi baik.

Mogoknya mobil buatan Jerman itu dianggap karena faktor usia mobil yang sudah memasuki tahun ke 10.

Ada sejumlah fakta menarik mengenai para presiden RI dengan mobil dinasnya. Dari Presiden pertama RI Sukarno, Soeharto, hingga Presiden ke-7 RI Jokowi punya cerita tersendiri dengan masing-masing tunggangannya. 

Selengkapnya...

3. Terik Equinox Sengat Jakarta

Fenomena Equinox dan Dampaknya bagi Kesehatan

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yunus S Swarinoto menjelaskan, fenomena equinox dapat menyebabkan distribusi cahaya matahari relatif lebih signifikan di sekitar ekuator, sehingga kondisi permukaan bumi relatif lebih panas daripada biasanya.

Equinox, bukan merupakan fenomena seperti Heat Wave atau gelombang panas, yang dapat terjadi di belahan bumi lainnya seperti Afrika dan Timur Tengah.

Yunus menjelaskan, equinox merupakan fenomena alami yang terjadi dua kali dalam setahun. Yakni pada 21 Maret dan 23 September. Jadi ini merupakan fenomena alam yang terjadi setiap tahun, karena pada tahun sebelumnya, 2016 dan 2015 juga berlangsung.

"Berdasarkan hasil pengamatan suhu maksimum di wilayah Indonesia, suhu maksimum terukur yang tertinggi saat ini terjadi di wilayah Jakarta, dengan kisaran 35,6 derajat Celsius," kata Yunus S Swarinoto kepada Liputan6.com, Senin, 20 Maret 2017.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.