Sukses

Pesan Menko Puan untuk Penerima Bantuan Sosial di Mempawah Kalbar

Menko Puan menyalurkan bantuan sosial bersama Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyalurkan beragam bantuan bagi masyarakat di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Acara itu berlangsung di hari ketiga bersama Presiden Jokowi dan Kabinet Kerja.

Bantuan yang disalurkan berupa bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Program Makanan Tambahan (PMT), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Untuk bantuan KIS diserahkan kepada 98 orang dari total penerima KIS sejumlah 89.126 orang di Mempawah. Bantuan KIP untuk 500 siswa terdiri atas siswa SD sebanyak 199 orang, SMP sejumlah 100 orang, SMA sebanyak 100 orang, SMK sejumlah 100 orang dan 1 orang siswa SLB. Total bantuan KIP yang disalurkan di Kabupaten Mempawah adalah sebanyak 1.018 siswa.

Para siswa penerima bantuan KIP akan mendapat bantuan yang beragam sesuai dengan jenjang pendidikanya. Untuk siswa SD mendapatkan Rp 450 ribu per tahun, siswa SMP sebesar Rp 750 ribu per tahun dan siswa SMA/K sebesar Rp 1 juta per tahun.

Sedangkan bantuan PKH, diberikan kepada 150 orang dari total PKH di Kabupaten Mempawah berjumlah 3.441 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Untuk PKH Tunai sebanyak 2.156 KPM dan Non Tunai sebanyak 1.285 KPM.

Kepada para penerima PKH, Menko Puan berpesan agar uang bantuan yang diterima diambil sesuai dengan kebutuhan saja. Penerima PKH akan mendapatkan bantuan Rp.500 ribu per tiga bulan sehingga dalam satu tahun menerima sebesar Rp.2 Juta. Dana bantuan ini akan langsung masuk ke rekening tabungan masing-masing penerima manfaat program.

"Saya pesan jangan langsung diambil semua. Secukupnya saja sesuai kebutuhan, misalnya Rp 100 ribu atau Rp 200 ribu, sisanya biarkan tetap di tabungan. Saat ambil juga tak perlu berebutan dan berdesak-desakan karena uang ibu-ibu dijamin aman," pesan Menko Puan di Pantai Kijing, Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (18/3/2017).

Pada kesempatan ini, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya juga mengingatkan kepada siswa penerima KIP untuk menggunakan uang bantuan hanya untuk membeli keperluan dan alat sekolah.

“Silahkan digunakan untuk membeli keperluan pendidikan, seperti membeli sepatu, tas, buku dan alat tulis. Jangan buat beli pulsa sebab kalau ketahuan membeli pulsa atau kebutuhan diluar pendidikan, kartunya bisa ditarik,” ujar Presiden.

Turut serta mendampingi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana, beberapa Menteri Kabinet Kerja seperti Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono, Mensos, Khofifah Indar Parawangsa, Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, Sekretaris Kabinet, Promono Anung, Mendikbud, Muhadjir Effendy, Menkes, dan Nila Moeloek.

Usai penyerahan KIP, KIS, PKH dan PMT, rangkaian kegiatan Menko Puan selanjutnya adalah mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan meresmikan PLTG 500 Mega Watt di desa Jungkat Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.