Sukses

Dilaporkan ke KPK soal Dana Pameran, Ini Respons Anies Baswedan

Sebelumnya, Anies Baswedan dilaporkan ke KPK oleh Andar Mangatas Situmorang pada Kamis 9 Maret 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI [Anies Baswedan](Anies Baswedan "") tidak ambil pusing terkait pelaporan dirinya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi proyek dana pameran Frankfurt 2015 sebesar Rp 146 miliar.

"Karena kita maju putaran kedua dan angkanya (elektabilitas) makin tinggi, maka wajar akan dapat banyak serangan," ujar Anies dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (10/3/2017).

Laporan dugaan korupsi Anies tersebut sudah diterima oleh KPK. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengaku akan mempelajari laporan yang dilayangkan oleh Andar tersebut.

"Kita lihat apa ada indikasi tindak pidana korupsi atau tidak. Karena memang dari begitu banyak laporan yang diterima KPK enggak semua merupakan tindak pidana pencucian uang (TPPU)," kata Febri di Gedung KPK, Jumat.

Febri menambahkan, seandainya Anies Baswedan terindikasi terlibat suap, lembaga antirasuah ini belum tentu bisa memproses aduan tersebut.

"Atau ada TPPU tapi bukan kewenangan KPK. Jadi proses telaah tentu kita lakukan. Sama seperti semua laporan yang masuk ke bagian pengaduan," kata Febri.

Sebelumnya, Anies Baswedan dilaporkan ke KPK oleh Andar Mangatas Situmorang pada Kamis 9 Maret 2017. Andar menuduh Anies melakukan tindak pidana korupsi proyek dana pameran Frankfurt 2015 sebesar Rp 146 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK