Sukses

Hari Pertama Ahok Cuti, Balai Kota Jakarta Sepi

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mulai cuti untuk mengikuti pertarungan dalam putaran kedua Pilkada DKI 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mulai cuti untuk mengikuti pertarungan dalam putaran kedua Pilkada DKI 2017. Pemandangan berbeda pun terlihat di Balai Kota Jakarta.

Bukan hanya karena tidak ada Ahok di sana. Jumlah warga yang mengadu ke gubernur juga tidak sebanyak Ahok saat masih aktif.

Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono yang telah dilantik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, mengatakan warga biasa datang pendopo karena ingin berfoto dengan Ahok.

"Karena Pak Ahok ini populer, apalagi foto beliau juga sudah menyebar ke mana-mana, dibandingkan foto dengan Plt, itu tidak ada artinya," ucap Sumarsono, Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Selain itu, lanjut dia, Ahok merupakan salah satu pasangan calon (palson) di Pilkada DKI 2017. Oleh karena itu, kepopulerannya memikat hati masyarakat untuk datang ke Balai Kota Jakarta.

Namun, dia tak memungkiri ada pula warga yang memang datang untuk mengadu ke Ahok.

"Jadi pasti ada yang datang karena kepentingan tersebut, relasi publik juga banyak. Dan untuk yang lainnya yaitu kelompok masyarakat yang ingin benar-benar mempunyai urusan dengan Pemprov DKI Jakarta, karena solusi belum selesai," ujar Sumarsono.

Dia menegaskan tak ingin bersaing dalam hal tersebut. Dia menilai justru punya keuntungan dengan tidak banyaknya warga yang datang. Dia bisa fokus dalam menyelesaikan masalah yang diadukan masyarakat tersebut.

"Ini yang jelas kita tidak berlomba banyak-banyakan orang, yang jelas rumusnya semakin sedikit sebenarnya kita makin baik, dan mereka puas, indikasinya Pemprov DKI semakin bagus dalam memberikan pelayanan," tegas Soni.

Pemandangan ini berbeda dari Senin 6 Maret 2017 kemarin. Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, sedari pagi, riuh oleh warga yang ingin bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Senin (6/3/2017) pagi, riuh oleh warga yang ingin bertemu Ahok. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Bila biasanya hanya ada dua baris antrean warga, pagi itu pendopo lebih sesak, lantaran terdapat tiga antrean panjang. Mereka rela datang sejak pukul 06.00 WIB untuk bersalaman dan berfoto dengan Ahok.

"Katanya mau cuti lagi kan, makanya ke sini dulu," ujar Sri, warga Kebon Jeruk.

Rupanya, membeludaknya warga yang ingin berfoto dan mengadu pada Ahok lantaran mereka tahu akan kembali cuti kampanye. Mulai 7 Maret hinga 16 April 2017 memang Ahok akan kembali menjalani cuti kampanye Pilkada DKI putaran kedua.

"Besok kalau mau ketemu Pak Ahok ke mana ya?" tanya Andika, warga Penjaringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini