Sukses

Ahok Kembali Luncurkan 20 Transjakarta Khusus Disabilitas

Ahok berharap Transjakarta Cares dapat meningkatkan kebahagiaan disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta meluncurkan 20 bus ramah difabel atau Transjakarta Cares atas sumbangan Tahir Foundation.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, dengan adanya peluncuran ini dapat meningkatkan kebahagiaan kaum disabilitas.

"Biasanya mereka hanya terkurung di dalam rumah saja. Selain adanya transportasi ramah ini kita juga bangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) untuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk bermain, rencananya setiap RW akan dibangun," ucap Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (3/3/17).

Sementara itu di lokasi yang sama, Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono menjelaskan pihaknya telah menyiapkan halte yang memiliki jembatan penyeberangan (JPO) ramah bagi penyandang disabilitas.

"Jadi nanti setelah dijemput dari titik pelanggan, maka mobil akan mengantar ke halte ramah difabel. Sehingga mereka dapat meneruskan perjalanan menggunakan bus Transjakarta sampai halte ramah difabel terdekat dengan tujuan mereka," papar Budi.

Selanjutnya dia menambahkan, para penyandang disabilitas akan diantarkan oleh Transjakarta Cares sampai tempat tujuan.

"Transjakarta Cares ini beroperasi mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sebelumnya kita memiliki enam unit yang dapat melayani hingga 40 penyandang disabilitas setiap harinya," tutur Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.