Sukses

Sambut Raja Salman, Pengamanan Gedung DPR Dibagi 3 Ring

Raja Salman dijadwalkan akan mendatangi Gedung DPR pada Kamis, 2 Maret 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamanan Gedung MPR/DPR/DPD akan dibagi dalam tiga ring saat kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud. Dijadwalkan Raja Salman akan mendatangi Gedung DPR pada Kamis, 2 Maret 2017.

Komandan Pasukan Pengaman Dalam (Pamdal) DPR AKBP Herry Ardyanto menyampaikan, ring 1 bertempat di Gedung Nusantara, lokasi di mana Raja Salman akan berpidato. Ring 2 berlokasi di halaman Kompleks Parlemen, sementara Ring 3 berada di luar Kompleks Parlemen.

"Untuk Pamdalnya saja sih 450-an. Polda Metro kurang lebih 500, Kodam hampir sama sekitar 500 (personel). Paspampres kurang lebih 150 orang," kata Herry di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Herry menjelaskan, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak hadir dalam pidato Raja Salman di DPR. Namun, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, serta sejumlah menteri direncanakan hadir mendampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukkam) Wiranto.

"Ya, kita pengamanan biasa sesuai protap, karena kan ini tamu negara yang selevel dengan presiden, diberlakukan protap kita di bawah kendali Paspampres," ucap dia.

Herry menuturkan, tamu undangan nantinya akan diarahkan melalui pintu belakang, sedangkan tamu VIP melewati pintu depan. Raja Salman itu akan melalui pintu depan Kompleks Parlemen. Pihak pengamanan akan melakukan sterilisasi pada 1 dan 2 Maret 2017.

"Tanggal 1 (Maret) itu pra. Itu disterilkan. Nanti tanggal 2 (Maret) pagi udah steril. Alat-alat sudah kepasang, enggak boleh ada yang masuk," tutur Herry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini