Sukses

DPR Berharap Jokowi Melobi Raja Salman untuk Tambah Kuota Haji

Dengan ditambahnya kuota haji, maka kedatangan Raja Salman bisa bermanfaat langsung untuk masyarakat Muslim Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis berharap, kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dengan membawa rombongan besar pada 1-9 Maret 2017 ke Indonesia, dapat menjadi momentum untuk menambah kuota haji sebanyak 10 ribu jemaah.

"Jika kita mampu menyampaikan keinginan untuk menambah kuota haji kepada Raja Salman, kita berpeluang mendapatkan tambahan kuota lagi. Mengingat animo masyarakat Indonesia yang merupakan bangsa Muslim terbesar di dunia ini untuk beribadah haji sangat besar," kata Iskan di Jakarta, Senin (27/2/2017).

Dengan adanya penabahan kuota tersebut, menurut Iskan, maka salah satu manfaat  kedatangan Raja Salman ke Indonesia dapat dirasakan langsung oleh umat Islam yang telah lama mengantre untuk berangkat haji, terutama mereka yang telah lanjut usia.

"Jadi jika pemerintah berhasil mendapatkan penambahan kuota, lebih bijak diutamakan bagi mereka yang berusia lanjut. Apalagi dengan adanya Badan Pengelola Keuangan Haji, setidaknya kita sudah bisa memperpendek masa antre selama ini," jelas politikus PKS ini dalam siaran persnya.

Iskan menyarankan kepada pemerintah agar dapat berdiplomasi bilateral secara optimal dan baik, khususnya soal haji kepada Raja Salman.

"Dengan masih banyaknya kuota yang tersisa dari negara lain, seharusnya pemerintah dapat memanfaatkan peluang itu untuk bisa dialihkan bagi jemaah haji Indonesia," tegas Iskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.