Sukses

Atasi Banjir, Pemkab Bogor Dapat Rp 5 Miliar dari DKI Jakarta

Pemkab Bogor hanya mendapat dana bantuan sebesar 5,37 persen dari jumlah yang diusulkan pada 2017 untuk atasi banjir.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mendapat Rp 5 miliar dari Pemprov DKI Jakarta. Pemkab Bogor hanya mendapat dana bantuan sebesar 5,37 persen dari jumlah yang diusulkan pada 2017.

"Karena dana hanya ada Rp 5 miliar, sementara hanya untuk perbaikan Puskesmas Cileungsi, tempat sampah Cileungsi dan sanitasi di Puncak," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bogor Sarifah Sofiah di Pendopo Bupati di Cibinong, seperti dilansir dari Antara, Minggu (26/2/2017).

Menurut dia, sejumlah program untuk mengatasi banjir kiriman ke Jakarta terpaksa ditunda. Program yang dimaksud antara lain perbaikan daerah aliran sungai (DAS) dari hulu kawasan Bogor di Puncak Cisarua hingga di hilir.

Seperti sodetan di daerah Cikaret dan Kebantenan, dia mencontohkan, yang membutuhkan dana Rp 38 miliar untuk pembebasan lahan. Proyeksinya daerah ini bisa menjadi area olahraga dayung dalam ajang pekan olah raga daerah (porda) tahun ini. Namun, hal itu tidak bisa direalisasikan.

Dia juga mengutarakan dana tersebut belum termasuk untuk anggaran pembangunan karena masih dalam perhitungan. Oleh karena itu, pihaknya akan mengupayakan dana bantuan dari pemerintah pusat.

Pada 2016, Pemkab Bogor menerima bantuan sebesar Rp 3 miliar dari DKI Jakarta. Dana itu telah digunakan, antara lain, untuk membeli truk sampah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini