Sukses

UI Dampingi Pembangunan 4 Ruang Terbuka Hijau di Bogor

Ova ingin seluruh RTH tersebut dapat berfungsi secara berkesinambungan setelah kegiatan pendampingan berakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Indonesia (UI) melakukan pendampingan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor. Pendampingan dilakukan untuk menjadikan RTH yang berkualitas sekaligus meningkatkan mutu lingkungan hidup perkotaan sebagai sarana pengaman lingkungan kota.

Ada empat RTH yang mendapatkan pendampingan pada program ini, yaitu yang berlokasi di Pondok Rajeg, Waringin Permai, Karadenan serta Sukahati.

Ova Candra Dewi anggota tim dari Fakultas Teknik UI menyatakan, kegiatan pendampingan yang dilakukan adalah melakukan revitalisasi dari RTH yang sudah ada.

"Fokus program ini adalah pengembangan fungsi RTH termasuk di dalamnya mendukung nilai sosial antar warga serta kelestarian lingkungan sekitar," kata Ova melalui keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Dia berharap,  karena ini taman milik warga, maka dijaga bersama-sama oleh warga. Semuanya barang-barangnya, keamanannya. Terutama kebersihan di taman.

"Bagi anak-anak, taman ini bisa lebih dekat dan lebih mengenal alam, jangan gadget melulu," kata Ova Candra Dewi anggota tim dari FT-UI, Jumat (13/1/2017).

Ova ingin seluruh RTH tersebut dapat berfungsi secara berkesinambungan setelah kegiatan pendampingan berakhir. Keberadaan RTH ini diharapkan pada akhirnya mampu meningkatkan mutu lingkungan hidup masyarakat di daerah perkotaan.

RTH juga berfungsi sebagai sarana pengamanan lingkungan sekitar serta sekaligus menciptakan keserasian dan keharmonisan antara lingkungan sekitar dengan masyarakat yang pada akhirnya berguna bagi kepentingan warga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini