Sukses

Rusia Luncurkan Kapal Selam Nuklir Baru

Rusai meluncurkan kapal selam nuklir terbaru yang sangat cangih dan memiliki hulu ledak nuklir.

Liputan6.com, Moskow: Rusia telah meluncurkan kapal selam nuklir terbarunya di kota utara Severodvinsk Selasa (15/6). Pembangunan kapal selam penyerang serbaguna ini menurut laporan dimulai pada tahun 1993 di galangan kapal. Peluncuran awalnya ditetapkan pada  7 Mei ketika Hari Kemenangan Rusia, namun ditunda karena kesalahan teknis.

Para ahli menyatakan bahwa kapal selam tersebut secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan tempur Angkatan Laut Rusia. Kapal selam tersebut telah dirancang untuk meluncurkan berbagai rudal jelajah jarak jauh (hingga 3.100 mil atau 5.000 km) dengan hulu ledak nuklir, dan efekti berhubungan dengan kapal selam lainnya, kapal perang di permukaan dan target darat.

Presiden Rusia Dmitry Medvedev, yang tiba di pelabuhan Severodvinsk untuk upacara peluncuran resmi, mengatakan Rusia harus memodernisasi secara aktif Angkatan Laut dalam menjawab tantangan modern saat ini. "Sebagian besar negara asing menginvestasikan banyak uang dalam sistem serangan terbaru dan sistem pertahanan. Kita harus melakukan hal yang sama. Rusia harus melakukan modernisasi secara efisien di angkatan laut," kata Medvedev, seperti dikutip oleh kantor berita Interfax. (Xinhua/DES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini