Sukses

Jokowi Minta Polri Tindak Tegas Ormas Suka Main Hakim Sendiri

Presiden ingin kepolisian tidak ragu menindak ormas-ormas yang kerap main hakim sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Jokowi meminta kepolisian menindak tegas terhadap ormas yang kerap main hakim sendiri berupa sweeping.

Kabag Penum Polri Kombes Rikwanto mengatakan, Presiden berpesan agar kepolisian tidak ragu dalam menindak ormas-ormas yang melakukan tindakan di luar ketentuan hukum.

"Termasuk itu disinggung. Jadi silahkan polisi sebagai penegak hukum melaksanakan kewenangan yang diberikan kepadanya. Jangan ada keraguan di lapangan menindak segala sesuatu yang bertentangan dengan hukum, sweeping-sweeping, kemudian kegiatan ormas tertentu di lapangan. Harus disikapi dengan tegas," kata Rikwanto di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/12/2016).

Hal itu disampaikan Rikwanto saat ditanya apakah Presiden menyinggung mengenai fenomena kejadian di Bandung, serta maraknya aktivitas di media sosial yang bernada kebencian.

Presiden meminta kepolisian untuk melindungi masyarakat. "Lindungi masyarakat, lindungi kegiatan-kegiatan di masyarakat. Kemudian, apabila ada permasalahan kembalikan pada koridor hukum. Tidak ada yang bertindak sendiri-sendiri," kata Rikwanto mengulang pesan Jokowi.

Menurut Presiden, ujar Rikwanto, kejadian-kejadian yang menjadi sorotan akhir-akhir ini tidak perlu terjadi. "Itu tidak perlu terjadi kalau memang petugas-petugas di lapangan tegas dalam melaksanakan kewenangan," kata Rikwanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Polri