Sukses

Polri: Tak Sepatutnya Pelanggar Lalu Lintas Beraksi seperti Dora

Dora mengamuk dan mencakar hingga merobek seragam tugas Aiptu Sutisna saat akan ditilang.

Liputan6.com, Jakarta - Dora Natalia Singarimbun mengamuk, mencakar, hingga merobek rompi seragam tugas Aiptu Sutisna saat terpergok melintasi jalur Transjakarta di Jakarta Timur. Dalam rekaman video yang tersebar terlihat Sutisna tidak melawan dan tetap sabar menerima serangan dari Dora.

Kesabaran tersebut diapresiasi pihak kepolisian sebagai pengayom masyarakat. Karopenmas Divhumas Polri Kombes Pol Rikwanto menyatakan, belum tentu polisi lain bisa sesabar Aiptu Sutisna saat menghadapi warga yang demikian.

"Kita apresiasi kepada petugas polisi itu. Dia cukup sabar, bisa saja petugas yang lain berbeda (tidak sabaran)," kata Rikwanto saat ditemui pada rapat Kompolnas dan Polri di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (14/12/2016).

Melihat adegan video amukan Dora, Rikwanto menyayangkan tindakan tersebut. Padahal Dora dinilai telah melanggar aturan.

"Tidak sepatutnya anggota masyarakat pelanggar lalu lintas beraksi seperti itu. Seolah menggambarkan perilaku masyarakat di lapangan," papar dia.

Karena itu, tidak salah bila Aiptu Sutisna melaporkan perlakuan tersebut semata demi menjaga hak dan kewibaannya sebagai seorang polisi.

"Aiptu Sutisna ini sudah melaporkan hal ini (pencakaran), karena ini bukan hanya masalah pribadi tapi (membela) haknya sebagai petugas yang diberi kewenangan sesuai undang-undang," jelas Rikwanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.