Sukses

10 Ribu Jemaah Ikuti Istigosah di Masjid Agung Kampung Jokowi

Istigosah dan doa bersama tersebut dilakukan setelah selesai melaksanakan salat Jumat aksi damai 2 Desember.

Liputan6.com, Solo - Sebanyak 10 ribu orang menghadiri acara istigosah dan doa bersama dalam rangka aksi damai 2 Desember di Masjid Agung Solo. Acara tersebut juga dihadiri oleh Pangdam IV Diponegoro, Mayjend Ja‎swandi dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono.

Pantauan Liputan6.com, ribuan orang memadati kompleks Masjid Agung Solo. Selain para jemaah masjid, peserta istigosah juga berasal dari aparat kepolisian, TNI, PNS Pemkot Solo, karyawan pabrik Sritek, ormas Islam, dan masyarakat umum.

Istigosah dan doa bersama tersebut dilakukan setelah selesai melaksanakan salat Jumat aksi damai 2 Desember. Sebelum dilakukan istigosah terlebih dahulu dilakukan pengajian oleh seorang ulama.

Kapolresta Solo Kombes Ahmad Luthfi mengatakan, istigosah dan doa bersama terkait aksi damai 2 Desember diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Solo. Jumlah jemaah yang hadir dalam kegiatan tersebut mencapai 10 ribu orang.

"Istigsah dan doa bersama ini digelar dalam rangka menjaga keselamatan bangsa dan umat Islam," kata Ahmad Luthfi di Masjid Agung, Jumat (2/12/2016).

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Pangdam dan Kapolda juga diikuti oleh prajurit TNI dan polisi, karyawan pabrik hingga masyarakat umum. Tak hanya mengikuti istigosah, mereka juga melaksanakan salat Jumat berjamaah di Masjid Agung.

"Yang ikut acara ini masyarakat umum, ulama, umaroh. Dari TNI dan polisi sebanyak 2.000 personel, karyawan Sritek sebanyak 1.000 orang, PNS Pemkot sekitar 3.000 orang, dan masyarakat 5.000 orang dan jemaah lainnya. Jadi jumlah total sekitar 10 ribu orang," sebut Ahmad Luthfi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.