Sukses

Di Bawah Hujan, Massa Demo 2 Desember Salat Jumat di Thamrin

Hujan deras yang mengguyur tak menyurutkan semangat peserta demo 2 Desember untuk menunaikan ibadah.

Liputan6.com, Jakarta - Area Monumen Nasional yang penuh sesak oleh peserta demo 2 Desember membuat ribuan partisipan yang belum sempat menginjakkan kaki di Monas, menggelar sajadahnya di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Mereka hendak bersalat Jumat.

Hujan deras yang mengguyur tak menyurutkan semangat peserta demo 2 Desember untuk menunaikan ibadah. Katib yang memimpin salat bersemangat menyerukan takbir diikuti seruan jamaah.

"Jangan takut dengan hujan. Allahu Akbar," seru sang katib di tengah Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2016).

Ribuan lembar karton bekas dus air mineral pun digelar untuk alas sajadah. Banyak pula yang menjadikan karton tersebut menjadi sajadah.

Kepala Sub Direktorat Bina Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto yang ditemui Liputan6.com di lokasi berujar, massa yang datang dari arah Cempaka Putih dan Senen pun menggelar sajadah mereka di Bundaran Patung Tugu Tani.

"Kalau massanya, saya lihat penuh memang. Sampai yang di Sarinah sudah gelar sajadah, (massa) dari Senen mulai gelar sajadah juga," ujar Budi.

Meski peserta demo 2 Desember turun ke jalan sehingga harus dilakukan pengalihan arus kendaraan di sejumlah titik menuju Monas, Budi menilai kondisi lalu lintas hingga siang ini aman terkendali.

Ia pun mengimbau, baik peserta demo 2 Desember juga masyarakat pengguna jalan untuk tetap memperhatikan aspek keamanan, keselamatan, ketertiban serta kelancaran lalu lintas.

"Dari aspek kamseltibcarlantasnya (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelacaran berlalu lintas) cukup bagus. Imbauan kepada massa dan warga, agar tetap tertib dan tidak melanggar perauran lalu lintas," tutup Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.