Sukses

Polri Tangkap Pengikut ISIS yang Ambil Kesempatan pada 4 November

Polisi menangkap seorang pria bernama Saulihun alias Abu Nusaidah alias Abu Hilya.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menangkap seorang pria bernama Saulihun alias Abu Nusaidah alias Abu Hilya. Dia diduga anggota jaringan ISIS yang memotivasi orang-orang untuk mendukung kelompok radikal tersebut.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar mengungkapkan, Saulihun juga bertugas untuk membaiat orang-orang yang berhasil direkrut. Bahkan, dia pun berencana melumpuhkan dan merampas senjata polisi pada demo 4 November 2016.

"Dia berencana merampas senjata petugas pada demo kemarin. Tapi dia gagal, karena memang tidak ada anggota yang dibekali senjata api," ujar Boy di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (26/11/2016).

Hasil pemeriksaan terungkap, Saulihun merupakan ketua kelompok Khafilah Syuhada, Al Hawariyun. Dia membuat tim inti yang bertujuan untuk berperang melawan Syiah pada 2018.

"Dia juga menjadi fasilitator orang-orang untuk berangkat ke Suriah untuk bergabung bersama ISIS," lanjut Boy.

Saulihun ditangkap bersama 8 orang lainnya yang juga terduga teroris dari kelompok Abu Nusaibah. Semuanya ditangkap di bilangan Jakarta dan Bekasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.